Delapan Perwakilan Negara Hadiri MIF Rakernis Apeksi di Makassar, Ajang Penjajakan Investasi

Pembukaan

MAKASSAR – Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2022 menjadi ajang temu investor asing. Penjajakan peluang investasi.

Sebab, Rakernis ini juga dirangkaikan dengan Makassar Invesment Forum (IMF). Forum ini melibatkan perwakilan dari delapan negara sahabat. Yakni Belanda, Jepang, Australia, Inggris, Korea Selatan, Jerman, Singapura dan Hongkong.

Melalui forum tersebut, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memfasilitasi seluruh kepala daerah peserta Rakernis bertemu langsung dengan investor asing dari delapan negara, one on one meeting.

“Saya kira forum seperti MIF ini sangat menarik untuk dijadikan benchmark atau contoh. Di mana kepala daerah yang memiliki konsep, inovasi dan juga proyek infrastruktur dan kemaritiman dapat berdiskusi langsung dengan perwakilan negara asing dan juga investor potensial,” sebut Danny Pomanto.

“Jadi selama ini, kita punya MIF. Itu khusus untuk Makassar. Tapi kali ini tidak. Kita buka peluang untuk semua daerah, siapa yang berminat kita fasilitasi. Waktu dua hari ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin,” sambung Danny Pomanto, Senin kemarin, 07 November 2022.

Forum MIF itu mengangkat tema “mendorong kesempatan investasi sektor infrastruktur dan maritim di kota-kota seluruh Indonesia. Pelaksanaannya diketahui berlangsung selama dua hari. Dimulai hari ini, Selasa 08 November hingga Rabu 09 November 2022.

Bagi pemerintah kota yang ingin menjajaki peluang kerjasama dengan delegasi asing, disiapkan tempat khusus oleh Pemkot Makassar.

Menurut Kepala Bagian Kerjasama Sekretarit Daerah Kota Makassar, Ismawaty Nur, forum MIF ini merupakan wadah pertemuan para investor. Baik berasal dari dalam negeri mau pun luar negeri.

“Kita berharap dengan diskusi dan pertemuan khusus langsung yang kita fasilitasi dengan perwakilan negara lain tersebut, maka semoga akan dapat semakin mempercepat pembangunan di sektor maritim mau pun infrastruktur,” ujarnya.

Ada dua forum yang dibuka di hari pertama pelaksanaan MIF. Yakni forum maritim dan infrastruktur.

Pada forum maritim, perwakilan dari Korea Selatan dan Jerman akan membahas terkait peningkatan industri maritim di Sulawesi.

Sedangkan untuk forum infrastruktur di Sulawesi, dihadiri Australian Consul-General in Makassar dan CEO Shire Oak Inggris. Serta Kedubes Inggris dan Asian Development Bank (ADB).

“Sementara di hari kedua itu, ada seminar KPBU. Narasumbernya dari BKPM, perwakilan BI Sulsel, Dinas PMPTSP Sulsel, dan PT Sarana Multi Infrastruktur,” kunci Irmawaty memaparkan.

Diketahui, pelaksanaan Rakernis ini dibuka langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya selaku Ketua Dewan Apeksi di Four Point by Sheraton Makassar, Senin kemarin, 07 November 2022.

Rakernis ini diagendakan berlangsung selama tiga hari, hingga Rabu besok, 09 November 2022. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here