Komunikasi Sambungan Seluler, Jokowi: Putin-Zelensky Bakal Hadir di Forum KTT G20

Presiden RI, Joko Widodo. (istimewa)

JAKARTA – Forum Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bakal berlangsung di Bali, pada 15 November 2022. Indonesia sebagai negara tuan rumah.

Sebanyak 17 kepala negara anggota G20 diklaim akan hadir. Termasuk Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Hal itu diungkapkan Presiden RI, Joko Widodo setelah melakukan komunikasi dengan Putin dan Zelensky via sambungan telepon seluler.

Putin dan Zelensky kemungkinan besar hadir secara virtual.

“Beberapa hari yang lalu saya sudah berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelenskyy, beliau menyampaikan akan hadir (langsung) kalau kondisinya memungkinkan,” kata Jokowi-sapaan Presiden RI, dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 09 November 2022.

Kendati begitu, Jokowi tidak menyampaikan perkembangan situasi terkini di dua negara yang saling berseteru tersebut. Dia juga tidak keberatan jika kedua kepala negara itu, tidak menghadiri KTT G20.
berseteru itu.

“Ya tanya beliau (Putin dan Zelenskyy), beliau yang menyampaikan bahwa beliau akan hadir apa bila kondisinya memungkinkan. Tapi kalau ndak, nanti misalnya seperti kemarin, Presiden Zelenskyy akan minta virtual,” tuturnya.

Sejauh ini, sebanyak 17 kepala negara yang diklaim bakal menghadiri KTT G20 di Bali. Dua di antaranya telah terkonfirmasi. Yakni Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Presiden RRC, Xi Jinping.

“Saya kira dalam posisi normal tuh biasanya 17-18. Ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit. Semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira sudah sangat bagus,” ucap Jokowi.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi sebelumnya menyampaikan animo kepala negara sangat tinggi untuk menghadiri KTT G20.

Para tamu undangan menurutnya, mulai berdatangan pada 13 dan 14 November 2022 di Bali. Dan kembali ke negara masing-masing pada 16 November 2022.

“Karena sebagian dari pemimpin itu juga akan terbang menuju Bangkok untuk hadir KTT APEC,” tuturnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here