Isi Mobil Ini Banyak Ditemukan Kardus Berisikan Uang, Diduga “Beking” Pengemis di Makassar?

MAKASSAR – Di belakang restoran Pizza Hut Ramayana, Jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang, Makassar. Petugas Dinas Sosial (Dinsos) Makassar mendapati sebuah mobil terparkir yang diduga milik oknum “beking” pengemis. Modus meminta sumbangan.

Mobil itu berwarna silver. Mereknya Avanza. Dikendarai oleh seorang pria berbaju merah, bertopi biru.

Petugas sempat memeriksa isi mobil tersebut. Didapati banyak kardus yang diduga digunakan untuk meminta sumbangan. Di dalamnya, ada sebagian berisikan uang.

“Ada uang yang kami temukan (di dalam kardus), dan tidak diakui. Jadi kami ambil dan dihitung di tempat. Lalu kami bawa ke masjid untuk dimasukkan ke celengan. Kira-kira sekitar tujuh dos ada yang belum jadi dos sumbangan,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Makassar, Andi Eldi Indra Malka, Sabtu 12 November 2022.

Namun, lanjutnya, pria berbaju merah itu membantah, jika kardus itu bukan miliknya. Di lokasi, memang sempat terjadi perdebatan.

“Tidak dia akui (kardus), tapi di dalam mobilnya (ditemukan). Saya tidak perhatikan apa tulisan (di kardus),” sambung Andi Eldi.

Meski begitu, pihaknya tetap mengambil dan mendata identitas pria berbaju merah tersebut. Serta identitas kendaraannya. Dinsos Makassar juga sudah memberikan teguran.

“Kami berikan teguran dan Insya Allah, Senin kami juga koordinasi dengan pemerintah setempat. Setidaknya, kami sudah tahu orangnya,” ucap Andi Eldi, lagi.

Temuan ini diketahui berlangsung saat petugas Dinsos Makassar menggelar pantauan Jumat Berkah di sekitaran wilayah Kecamatan Panakkukang, Jumat kemarin, 11 November 2022.

Sebab menurut Andi Eldi, di sekitaran Jalan Boulevard kerap dijumpai banyak pengemis di setiap pekannya. Tepatnya di hari Jumat.

“Kami singgah di sana pada saat melaksanakan pemantauan Jumat Berkah. Karena banyak sekali pengemis. Jadi kami rutinkan pas di Boulevard-Pettarani. Dan melihat banyak aktivitas beberapa orang yang mana rata-rata berada di sekitar mobil setelah melihat Tim TRC Dinsos. Jadi, kami sambangi dan melihat isi mobil tersebut, maka kami sampaikan ke pemiliknya,” paparnya menjelaskan.

Peristiwa ini terekam video dan sempat viral di media sosial, tadi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here