Kepala Bappeda Makassar Harap Musrenbang Kecamatan Lahirkan Program Prioritas

MAKASSAR – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 tingkat kecamatan mulai berlangsung di Makassar. Forum ini membahas rencana pembangunan yang sebelumnya diusulkan pada Musrenbang di tingkat kelurahan.

Agenda tahunan ini bertujuan mengklasifikasi dan menyusun pokok-pokok pikiran untuk diterjemahkan ke dalam program strategis pada Musrenbang tingkat kota Makassar nantinya.

Kepala Bappeda Makassar, Helmy Budiman menegaskan, jika penyusunan program harus benar-benar fokus ke persoalan mendasar saat ini, menyentuh langsung ke masyarakat.

“Kita berharap apa-apa yang kita susun, sifatnya betul-betul menjadi prioritas. Agar program yang didorong nantinya akan mampu menjawab kebutuhan warga kota Makassar,” ujarnya di Musrenbang Kecamatan Ujung Pandang, 30 Januari 2023.

Musrenbang ini kembali membahas hasil Musrenbang di tingkat kelurahan. Menghasilkan poin-poin penting terkait dengan program pembangunan prioritas di wilayah Kecamatan Ujung Pandang.

Misalnya, usulan penggunaan dana kelurahan Rp400 juta. Lalu Rp50 juta untuk penanganan stuntin dan Rp50 juta untuk penanganan penyakit TB.

“Nanti di Musrenbang tingkat kota tersaring lagi usulan-usulan tersebut. Pada intinya, pembangunan itu harus tepat sasaran,” jelas Helmy.

Sejauh ini, baru tiga kecamatan yang melaksanakan Musrenbang dari 15 kecamatan. Yakni Makassar, Rappocini dan Ujung Pandang. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here