Pemerintah Kota Manfaatkan 50 Kontainer Makassar Recover Gelar Pasar Murah

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana menggelar pasar murah dengan memanfaatkan kontainer Makassar Recover di 143 wilayah kelurahan.

Hal itu ditegaskan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menindaklanjuti imbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam upaya mengendalikan inflasi daerah.

Pasar murah itu, dititikberatkan ke Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar selaku organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Untuk tahap awal, pasar murah dilaksanakan di 50 kontainer Makassar Recover.

“Tadi rapat via zoom, Mendagri imbau pemerintah daerah buat gudang penyimpanan. Hari ini kita sudah jalankan di kontainer. Sekarang jadi tempat pasar murah sesuai arahan pusat,” kata Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar, Rabu 08 Februari 2023.

Ada tiga komoditi yang bakal disediakan dalam pasar murah itu. Yakni beras, minyak goreng dan gula pasir. Harga ketiga komoditi tersebut terbilang mahal di pasaran.

Bagi Danny Pomanto, pasar murah ini bisa menekan laju inflasi. Targetnya, angka inflasi di Makassar harus berada di angka 3 persen, yang saat ini di angka 5,99 persen.

“Kita coba liat efeknya bulan Februari ini jadi penentuan. Sukses tidaknya. Tahap selanjutnya semua kontainer adakan pasar murah. Intinya kita melayani masyarakat dengan cepat, tepat dan harganya lebih murah,” harapnya.

Lanjutnya, pasar murah juga dapat memutus mata rantai para spekulan yang menaikkan harga komoditi seenaknya.

“Kita kecil-kecilan dulu. Nanti kita rapat apakah kita butuh gudang besar. Tadi pagi semua komiditi langsung habis di kontainer, kita lihat respon pasar sampai mana oknum-oknum mau menaikkan harga. Secara tidak langsung kita berangsur-angsur menstabilkan harga,” pungkasnya.

“Kami akan gelar terus sampai angka inflasi kita turun. Sambil kita evaluasi. Tidak menutup kemungkinan akan tambah komoditi tapi kita tidak akan mematikan fungsi pasar,” kuncinya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here