Masuk Top 10 KEN 2023 Kemenparekraf, Makassar F8 Rencananya Digelar pada Agustus

JAKARTA – Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8 masuk dalam kalender Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Rencananya, Makassar F8 bakal digelar para 23-27 Agustus mendatang. Seluruh rangkaian acara bisa disaksikan langsung oleh masyarakat.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bahkan berencana akan mendirikan perahu Pinisi di lokasi penyelenggaraan Makassar F8. Termasuk rumah adat Makassar, Bugis dan Toraja.

Hal itu dia paparkan saat menjadi narasumber dalam The 1st Indonesian Event Management Summit (IVES), di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa 21 Februari 2023.

“Jadi akan terus mengalami perubahan dan peningkatan atraksi budayanya. Ke depannya kita buat (Makassar F8) lebih baik lagi. Insya Allah jauh lebih hebat, karena kami buat kapal pinisi langsung di situ, live, juga rumah adat Toraja, Bugis dan Makassar. Jadi konten lokal diperbesar dengan standar internasional,” ucapnya.

“Tahun lalu transaksi F8 Makassar tembus Rp34 Miliar transaksi di sana, paling tinggi mobil, juga terhadap UMKM. Jadi seperti lebarannya UMKM. Mereka sampaikan dalam lima hari itu keuntungannya sama dengan setahun jualan,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, peluncuran even KEN itu bertujuan untuk memicu kebangkitan industri ekonomi dan pariwisata di Indonesia.

Di tahun 2022 lalu, KEN telah mampu mendorong dan menggerakkan ekonomi daerah. Terdapat 3.000.000 pergerakan wisatawan, 11.000 UMKM, 55.000 pelaku seni dan even, 11.000 pekerja dan 250 komunitas atau asosiasi yang telah diberdayakan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here