Makassar Tuan Rumah Hari Otonomi Daerah, 546 Kepala Daerah Dijadwalkan Berkunjung ke Lorong Wisata

JAKARTA – Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) yang ke 27 dipastikan berlangsung di Makassar, 29 April 2023 mendatang.

Kepastian itu disampaikan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Pemkot Makassar, sudah siap 100 persen menjadi tuan rumah.

“Makassar siap menyambut kedatangan para kepala daerah. Kepercayaan sebagai tuan rumah peringatan hari otonomi daerah menjadi kehormatan bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Makassar,” kata Danny Pomanto dalam keterangannya, Rabu 22 Maret 2023.

Puncak peringatan Hari Otoda ini, diketahui mengusung tema ‘Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul’.

Sementara itu, Kabag Pemerintah Sekretariat Kota Makassar, Aswin Kartapati Harun bilang, kesiapan Makassar sebagai tuan rumah telah dipersentasekan di hadapan pejabat Kementerian Dalam Negeri.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, lanjutnya, mengundang khusus Pemkot Makassar memaparkan kesiapannya.

“Pak Wali sendiri yang memaparkan kesiapan Makassar sebagai tuan rumah di depan Sesditjen Otda, Para Direktur dan jajaran Ditjen Otda Kemendagri di Kantor Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri), kemarin,” ucap Aswin dalam keterangannya, tadi.

Aswin berkata, ada empat poin penting yang disampaikan Danny Pomanto terhadap event ini.

Pertama, rangkaian Otonomi daerah akan dimulai dengan diselenggarakannya seminar nasional yang rencananya dilaksanakan secara indoor pada pekan pertama April.

Seminar dihadiri seluruh undangan se-Indonesia dan ditentukan oleh Kemendagri RI. Pembicaranya dari Dirjen, Sekjen, dan perwakilan gubernur, wali kota dan bupati, tokoh dan pakar pemerintahan.

Kedua, upacara bersama pada hari puncaknya yakni, 29 April. Upacara digelar di Anjungan Pantai Losari, yang dihadiri seluruh gubernur, wali kota dan bupati dan Mendagri sebagai inspektur upacaranya.

“Jadi sekira 38 gubernur, 93 wali kota dan 415 bupati dengan total 546 kepala daerah hadir di Makassar,” paparnya.

Setelah upacara, agenda ketiga, ialah kunjungan ke lorong wisata (longwis). Para menteri dan kepala daerah akan berkunjung ke longwis.

Keempat, yakni pameran inovasi atau malam apresiasi kinerja Pemda. Yang mana para kepala daerah akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

“Tempat dan layoutnya disiapkan dan difasilitasi oleh Pemkot Makassar kepada 23 daerah yang masuk 10 besar. Selanjutnya mereka membuat both-nya sesuai keinginan daerah masing-masing dan memamerkan inovasi-inovasinya,” jelasnya.

Agenda keempat itu akan dilaksanakan di Four Points pada 29 April.

Dari empat point ini, lanjut dia, Pemkot Makassar sudah siap 100 persen.

Apalagi sejauh ini Makassar sudah terbiasa melaksanakan event-event kelas nasional hingga internasional.

Di samping itu, pihaknya mengharapkan semua kepala OPD, dari lurah, camat hingga perangkat daerah lainnya agar mendukung OTDA 2023, ini.

“Mulai dari menjaga keamanan dan kebersihan wilayah, keindahan kota, ketertiban lalu lintas dan tentunya seluruh ASN dan masyarakat Kota Makassar memberikan pelayanan sombere kepada seluruh tamu sehingga membuat mereka nyaman berada di Makassar,” harapnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here