Lorong Wisata Masuk Verifikasi Faktual, Danny Pomanto Optimistis Makassar Raih PPD 2023

MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mulai melakukan verifikasi faktual di Makassar. Itu terkait dengan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)2023.

Program Lorong Wisata (Longwis) ternyata masuk dalam verifikasi faktual tersebut. Juga beberapa variabel lainnya yang menjadi penilaian dari Tim Bappenas.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto optimistis Makassar bisa meraih PPD 2023. Indikatornya, lorong wisata.

“Lorong Wisata ini merupakan multi inovasi yang menjawab semua permasalahan di kota-kota lain, dan kita berharap inovasi lorong wisata ini bisa diperkenalkan ke Indonesia sebagai juara PPD tahun ini,” ucap Danny Pomanto-sapaannya lewat keterangan resmi yang diterima Spektanews, Kamis 30 Maret 2023.

Baginya, program lorong wisata juga bagian dari upaya pemerintah kota mengatasi persoalan kemiskinan. Masyarakat didorong untuk berwirausaha.

Setidaknya ada 21 konten yang menjadi tujuan dihadirkannya lorong wisata di Kota Makassar. Seperti food security, inflation control, circular economy, 20 UMKM digital per lorong, startup lorong, destinasi wisata makan enak, destinasi wisata sejarah dan seni.

Kemudian konten digital waste bank, community empowerment, public engagement, social cohesion, social mitigation, social share and care, 20 new jobs and new business opportunity.

Lalu, konten city farming, city garden, net zero carbon city, healthy alleys, sombere and smart city, public safety, dan resilient city.

“Semua program yang kita susun pendekatan kita adalah lorong. Skill training gratis juga, kita fokuskan di lorong. Begitu pun juga dengan beasiswa berprestasi,” kata Danny Pomanto.

Paparan ini disampaikan Danny Pomanto usai menerima kunjungan Tim Penilai Bappenas di kediamannya, Jalan Amirullah, Kamis tadi.

Kota Makassar dinyatakan lolos verifikasi faktual tahap III PPD 2023.

Direktur Regional 2 Bappenas, Muhammad Roudo menjelaskan, jika verifikasi faktual ini merupakan tahap akhir dari penilaian PPD 2023.

“Tahap III ini kita turun mengecek ke lapangan, memverifikasi. Ini untuk nilai akhir sebelum diumumkan kota-kota mana yang akan meraih PPD tahun ini,” terangnya.

Dari sepuluh kota yang lolos sampai ke tahap III, tiga kota di antaranya akan meraih PPD 2023. Kota peraih PPD 2023 akan diumumkan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) berlangsung, nanti.

“Nilainya paling besar itu inovasi, mulai dari proses, input, output, sampai outcomenya. Termasuk bagaimana membangun komunikasi meningkatkan kualitas dokumen perencanaan,” jelas Roudo.

Kepala Bappeda Makassar, Helmy Budiman menguraikan. Ada beberapa titik yang akan dikunjungi tim penilai Bappenas. Di antaranya War Room di Kantor Balai Kota Makassar.

Termasuk Home Care di PKM Makkasau, Lorong Wisata Silves di Kecamatan Rappocini, dan Lorong Wisata Sydney di Kecamatan Panakkukang.

“Jadi di sana nanti kita akan memperlihatkan keunggulan program yang sudah berjalan di Pemkot Makassar. Termasuk apa-apa yang sudah dihasilkan di lorong wisata,” kunci Helmy. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here