Danny Pomanto Dukung May Day Expo Peringati Hari Buruh Sedunia

MAKASSAR – 1 Mei 2023 mendatang, hampir seluruh pekerja di dunia merayakan hari buruh sedunia atau yang dikenal dengan sebutan May Day.

Di Makassar, ada agenda penyelenggaraan May Day Expo. Rencana itu, mendapat dukungan dari Pemkot Makassar. Pihak penyelenggara juga bakal menghadirkan ribuan pekerja untuk meramaikannya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku mendukung kegiatan tersebut. Sebab baginya, para pekerja atau buruh di Makassar memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi kota berjuluk anging mammiri ini.

Dukungan itu, Danny Pomanto-sapaan akrab wali kota sampaikan saat menerima audiens dari perwakilan pihak penyelenggara didampingi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Makassar, Nielma Palamba di kediamannya, Jumat tadi, 31 Maret 2023.

Pelaksanaan May Day Expo ini, rencananya berlangsung pada April hingga Mei mendatang. Rangkaian kegiatan dimulai sejak 12 April. Berlangsung di sejumlah tempat.

Sekretaris May Day Expo, Yani Mariyani bilang, di awal kegiatan, pihaknya bakal menggelar dialog ketenagakerjaan. Lalu, dilanjutkan dengan Ramadan May Day Expo, pada 16 April di Lapangan Karebosi.

Agenda lainnya, yakni ramah tamah atau gala dinner di Hotel Gammara.

“Puncaknya sebenarnya di Pasar Murah karena pihaknya akan menghadirkan sekira 1.000-an pekerja se-Makassar. Makanya kita meminta dukungan Wali Kota untuk bisa hadir dan ikut memeriahkan event May Day 2023 ini,” kata Yeni usai menemui Danny Pomanto.

Pada intinya, lanjut Yani, kegiatan ini sebagai bentuk upaya penyamaan persepsi antara tiga unsur tripartit. Yakni pekerja, pengusaha dan pemerintah.

“Iklim di dalam tiga unsur ini harus kondusif karena merupakan satu kesatuan dalam peringatan ini. Olehnya, kami dari LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan yang juga dibantu oleh serikat pekerja, pemerintah dan pengusaha bermaksud menyatukan itu,” jelasnya.

Atas dukungan yang diberikan Pemkot Makassar, Yani berharap, kolaborasi antara unsur tripartit bisa terus berkesinambungan ke depannya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here