Lewat Pakta Integritas, Pemkot Makassar Libatkan Kejari Kawal Proyek Strategis Tahun 2023

MAKASSAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar turut dilibatkan dalam mengawal sejumlah proyek strategis milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di tahun 2023 ini.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan pakta integritas antara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejari Makassar, Andi Sundari, Senin 03 April 2023.

Danny Pomanto-sapaan wali kota bilang, pelibatan Kejari dalam mengawal rencana pembangunan proyek strategis itu, sebagai upaya mitigasi. Demi mencegah terjadinya penyimpangan.

Apalagi menurutnya, masih ada beberapa KPA/PPK dan PPTK kadang keliru menafsirkan hukum. Meski sudah sering mengerjakan proyek.

“Saya wajibkan seluruh OPD melakukan mitigasi sebelum ancaman dan hambatan itu terjadi, dikonsultasikan dengan Kejari,” pungkasnya.

Sehingga lanjutnya, tidak ada lagi alasan soal rendahnya penyerapan anggaran. Termasuk mengenai kualitas pekerjaan dan kendala lainnya.

“Makanya bersama Tim Kejari ada standarisasi, ada SOP-nya dan itu tafsiran hukumnya valid,” tuturnya.

Ada pun proyek yang dimaksud, misalnya Makassar Government Center (MGC), Makassar Core City Arena atau MACCA, Sirkuit Internasional Untia, hingga Japparate.

Tidak jauh berbeda yang disampaikan Kepala Kejari Makassar, Andi Sundari. Baginya, pengawalan yang dilakukan pihaknya nanti, itu merupakan bentuk mitigasi terhadap risiko hukum.

Olehnya, Kejari memberikan pendampingan. Meski begitu, pendampingan bukan jaminan tidak adanya temuan dari seluruh pekerjaan proyek.

“Kami hanya memberikan batasan-batasan sesuai aturan, kalau itu dilanggar maka itu adalah perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pribadi yang bersangkutan,” jelasnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here