Sejumlah Kepala Daerah Berkunjung ke Longwis Kyoto, Wakil Wali Kota Makassar: Bisa Dongkrak Potensi Masyarakat

MAKASSAR – Di Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) yang ke 27, Pemerintah Kota (Pemkot) telah menyusun agenda kegiatan. Usai upacara, ada jadwal kunjungan ke Lorong Wisata (Longwis).

Salah satunya kunjungan ke Longwis Kyoto di Kelurahan Parangtambung, Kecamatan Tamalate, Sabtu 29 April 2023.

Kedatangan sejumlah kepala daerah di Longwis Koyto ini disambut dengan tarian daerah dan Angngaru.

Di lokasi, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi banyak menjelaskan terkait dengan program Longwis tersebut. Pemkot Makassar menargetkan ribuan lorong disulap menjadi Longwis.

Hal itu dilakukan untuk mendongkrak potensi masyarakat. Misalnya saja Longwis Kyoto, yang dikenal dengan pusat pelatihan kebudayaan bagi para seniman di Makassar.

“Melalui program longwis ini, berbagai potensi masyarakat dapat ditingkatkan guna peningkatan perekonomian masyarakat dengan pendampingan dari seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) yang ada di lingkup Pemkot Makassar. Sehingga terbangun sinergitas masyarakat dan pemerintah,” jelas Fatmawati di hadapan para kepala daerah.

Di kesempatan ini, Kepala Dinas Kebudayaan Makassar, Herfida Attas ikut mendampingi Wakil Wali Kota Makassar. Dia juga memperkenalkan berbagai potensi budaya yang ada di Longwis Kyoto.

“Longwis Kyoto merupakan salah satu Longwis Binaan Dinas Kebudayaan, karena di Longwis ini terdapat Baruga Kaluara, baruga ini merupakan tempat para pelaku seni beraktivitas,” ungkap Herfida Attas.

Selain adanya pusat pelatihan seni, di Longwis ini juga terdapat salah satu situs sejarah, yakni makam Haji Bau dan Daeng Tata, yang namanya diabadikan sebagai nama salah satu jalan di Kota Makassar. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here