Danny Pomanto Ngopi Bareng Tokoh Masyarakat Bantaeng Bahas Masa Depan Sulsel

BANTAENG – Kamis, 04 Mei 2023. Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unhas Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto berkunjung ke Kabupaten Bantaeng.

Danny Pomanto-sapaannya melantik pengurus daerah IKA Unhas Bantaeng periode 2022-2026. Sekaligus membuka kegiatan rapat koordinasi daerah.

Sebelum pelantikan, Danny Pomanto ngopi bareng bersama tokoh masyarakat dan pemuda Bantaeng. Mereka membahas masa depan Sulsel.

Baginya, Bantaeng merupakan wilayah yang memiliki lahan yang subur. Termasuk wilayah tumpuan Sulsel. Sumber daya alamnya sangat potensial untuk dikembangkan lagi.

Di kesempatan ngopi bareng ini, Danny Pomanto menyampaikan ide dan gagasannya dalam membangun daerah yang berjuluk Butta Toa tersebut.

“Sebagai Ketua IKA Unhas Sulsel, pikiran saya akan bangun Sulsel secara anatomi, fungsi dan perannya bukan berdasarkan administrasi. Dan hebatnya, Bantaeng ada pada posisi pesisir dan pegunungan. Jika Sulsel diumpamakan sebagai manusia maka Bantaeng itu tumitnya. Dan di situ inti saraf manusia,” jelas Danny Pomanto di Warkop Konijiwa,tadi.

Lebih lanjut, kata Danny Pomanto, memiliki komoditi yang paling dicari Australia. Yakni rumput laut.

Salah satu nelayan, Hamzah, menyampaikan keluh kesahnya. Dia mengaku jika hasil produksi petani Bantaeng hingga saat ini masih sulit untuk dipasarkan. Meski menurutnya, sumber daya alam Bantaeng sangat mempuni.

“Banyak gerakan pemuda yang masuk dalam produksi pertanian alami tetapi pasarnya masih kurang,” sebut Hamzah, yang juga tokoh pemuda Bantaeng.

Termasuk masalah pupuk. Menurutnya, masih sulit diperoleh petani. Dengan begitu, dia berharap IKA Sulsel bisa memberikan solusi.

Menanggapinya, Danny Pomanto bilang, sudah memiliki solusi. Pihaknya bisa memberikan jalan dengan membeli hasil produksi petani Bantaeng.

Hal itu, kata Danny Pomanto, seperti program Bank Sampah di Makassar.

“Kalau saya, saya akan beli seluruh produk hasil tani. Seperti Bank Sampah di Makassar itu kenapa masih berjalan karena saya beli semua,” timpalnya.

Tentunya, lanjut Danny Pomanto, hal itu dapat terwujud melalui kebijakan yang mendapat dukungan dari semua pihak. Termasuk dukungan masyarakat dan petani Bantaeng. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here