Danny Pomanto: Sulsel Bisa jadi Penghasil Pupuk Mandiri Lewat Gas Alam Wajo

WAJO – Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto kembali bersilaturahmi dengan masyarakat di Kabupaten Wajo. Kali ini di Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe, Sabtu 06 Mei 2023.

Danny Pomanto-sapaannya ke Wajo dalam rangka melantik pengurus wilayah IKA Unhas Kabupaten Wajo. Hanya saja, Danny Pomanto kembali memenuhi undangan masyarakat di sana.

Di kesempatan ini, Danny Pomanto banyak berdiskusi dengan tokoh masyarakat dan pemuda setempat. Baginya, Wajo merupakan salah satu wilayah penghasil pupuk di Sulsel.

Sulsel, lanjutnya, bisa mandiri menjadi provinsi mandiri penghasil pupuk melalui gas alam di Kabupaten Wajo.

“Jika ada kebijakan yang kuat dari pemerintah provinsi di dalam hal kemandirian pupuk melalui adanya gas, maka itu menyelesaikan satu persoalan besar petani, yakni pupuk,” kata Danny Pomanto, sore tadi.

Hal ini Danny Pomanto jelaskan menimpal pertanyaan warga saat sesi diskusi. Apalagi, Danny Pomanto digadang-gadang bakal maju pada kontestasi Pilgub Sulsel 2024 mendatang.

“Apa yang menjadi gagasan Pak DP untuk memajukan Sulsel dan Wajo?,” tanya Abdul Rasyid, salah satu Ketua RT di Kelurahan Attakae.

Danny Pomanto lantas kembali memberikan respons. Menurutnya, potensi yang dimiliki Wajo sangat bisa mengundang investor untuk berinvestasi.

Selain gas bumi, Wajo memiliki danau, gunung, laut dan tanah yang subur. Seperti contoh Danau Toba, dapat dimanfaatkan sebagai sumber irigasi bagi petani.

“Caranya menghasilkan air melalui angin yang dipompa naik ke gunung. Lalu turun menjadi micro hidro lewat pipa dan sisanya langsung irigasi menggunakan pipa karet atau pipa fleksibel (PE). Sehingga tidak ada air yang terbuang,” jelasnya.

“Saya kira itu tidak terlalu mahal, sehingga bisa langsung kita buat dengan kemampuan fiskal provinsi yang baik maka itu bisa kita buat,” sambungnya.

Sebagai informasi tambahan, kedatangan Danny Pomanto disambut hangat ratusan orang di lokasi. Dirinya mengaku tersanjung.

Apalagi, hadir tokoh masyarakat setempat. Seperti Taqwa Gaffar, Puang Bambang Unru dan tokoh lainnya.

“Saya sangat tersanjung, ini luar biasa sekali. Alhamdulilah mendapatkan respon yang serius dari masyarakat. Semoga semuanya tambah baik dan baik untuk semua,” harapnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here