Ketua TP PKK Makassar Dorong Pelaku UMKM Perluas Produknya Hingga ke Pasar Internasional

MAKASSAR – Ketua TP PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail membuka secara resmi pelatihan pemasaran produk di era digital, di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Selasa 09 Mei 2023.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan anggota kelompok kerja (Pokja) 2 TP PKK Makassar, sebagai peserta.

Indira memberikan arahan di dalam sambutannya. Dia menekankan pentingnya kualitas produk yang dihasilkan pelaku UMKM. Juga dapat memperluas pemasaran. Tidak hanya skala lokal saja, tapi hingga ke skala internasional.

“Hasilnya sudah lumayan tapi perlu penyempurnaan lagi karena untuk menuju kota dunia harusnya kita bisa ekspor. Memang ada beberapa produk yang sudah diekspor tapi kita mau semua berkualitas ekspor,” sebut Indira.

Dirinya juga meminta kepada TP PKK Makassar dan pelaku UMKM untuk membangun sinergitas dengan Dinas Koperasi dan UKM, dalam proses kurasi produk.

Hal ini penting dilakukan, agar produk yang akan dipasarkan sudah memenuhi standar yang baik dan berkualitas.

“Mereka punya inkubator center, di situ bisa dikurasi. Kita belajar dengan baik untuk meningkatkan semuanya. Kita kurasi dan evaluasi supaya semua jadi eksportir, bukan importir,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pokja 2 TP PKK Makassar, Dokter Udin Malik bilang, jika pelatihan pemasaran produk di era digital cukup penting dilakukan.

Apalagi, saat ini pemasaran produk UMKM tidak hanya secara offline saja, tapi sudah merambah masif di media sosial.

“Ini perlu segera kita kembangkan. Sosial media terus berkembang, jadi masyarakat juga perlu up to date dengan dinamika sosial media yang ada. Tujuan program ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu rumah tangga terhadap ilmu pemasaran, baik itu produk barang atau jasa di berbagai platform sosial media,” ujar Dokter Udin sebagai pelaksana kegiatan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here