Sabet Empat Emas, Makassar Juara Umum Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits Tingkat Sulsel

SELAYAR – Kafilah Makassar berhasil menyabet empat medali emas pada kompetisi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) XXXIII tingkat Sulsel tahun 2023.

Tidak hanya itu, kafilah Makassar juga meraih empat medali perak dalam pelaksanaan STQH yang digelar di Kabupaten Selayar, sejak Selasa 02 Mei hingga 09 Mei 2023

Raihan medali itu, mengantarkan Makassar menjadi juara umum.

“Hasil ini meningkat dari capaian Makassar pada STQH sebelumnya,” ungkap Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kota Makassar, Muhammad Syarif, Rabu 10 Mei 2023.

Dengan capaian ini, lanjut Syarif, pihaknya akan terus memaksimalkan potensi yang ada. Di Makassar, begitu banyak pesantren dan sumber daya manusia dengan keilmuan keislaman yang mumpuni. Potensinya sangat besar.

Bagian Kesra juga bakal melakukan proses seleksi kafilah dari kecamatan. Rencananya dilakukan setiap tahunnya.

“Kita akan menguatkan fungsi lembaga Tilawatil Qur’an per kecamatan sehingga memacu kafilah-kafilah yang ada,” ucapnya.

“Termasuk lebih mengaktifkan training centernya agar calon peserta lomba memiliki jam terbang yang baik ketika mengikuti kompetisi,” sambungnya.

Dari empat medali emas yang diraih, Syarif merincikan. Pertama, menjuarai kategori Bahasa Arab. Kedua, kategori hafalan 20 juz untuk putra.

Lalu yang ketiga, kategori tilawah putra dewasa, dan keempat, kategori hadits 500 putri.

Makassar sendiri mengirim 75 delegasi untuk mengikuti STQH ini. Rinciannya, 20 peserta lomba, 12 pelatih, official Bagian Kesra 31 orang, dan pendamping dari Kemenag Makassar 12 orang. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here