Wali Kota Makassar Lepas Penyaluran Bantuan Beras ke 45 Ribu KPM

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhaan Pomanto, melepas penyaluran bantuan pangan beras ke 45 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Makassar, Kamis kemarin, 11 Mei 2023.

Beras itu merupakan bantuan dari Badan Pangan Nasional periode Maret 2023.

Pelepasan pendistribusian bantuan beras secara simbolis itu, juga dihadiri pimpinan wilayah Perum Bulog Sulselbar, Muhammad Imron Rosidi, di Lorong Wisata Canbera, Jalan AP Pettarani V.

Menurut Danny Pomanto-sapaan walai kota, penyaluran bantuan beras ini merupakan komitmen pemerintah pusat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakatnya.

Hal ini juga dianggap bisa semakin mempercepat resiliensi di tengah-tengah masyarakat.

“Ini kebijakan pemerintah pusat yang luar biasa. Walau pun pemerintah kota berusaha membuat masyarakat resiliensi di mana ada ketahanan pangan di lorong-lorong. Tapi dengan bantuan ini, akan membuat semakin cepat masyarakat untuk mencapai resiliensi. Terutama dalam menghadapi kemungkinan kemarau panjang,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, sudah ada 1.700 lebih lorong wisata yang tersebar di 15 wilayah kecamatan. Tahun ini, Pemkot Makassar menargetkan 2.000 lorong wisata.

Bagi Danny Pomanto, apabila dua program ini bertemu, bantuan beras dan lorong wisata, maka sangat potensial membangun reseliensi sosial, ekonomi di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi reseliensi masyarakat akan terbangun dengan penyaluran cadangan beras pemerintah ini dan reseliensi sosial juga akan terbangun dengan kekompakan penyaluran bibit-bibit oleh Pemkot,” ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Sulselbar Muhammad, Imron Rosidi bilang, jatah Makassar dalam penerimaan bantuan ini, hanya 45 ribu KPM.

“Untuk KPM Makassar agak relatif besar sekitar 45 ribu KPM atau 450 ton beras. Mudah-mudahan tujuh hari ke depan bisa selesai,” tuturnya.

Para KPM juga masih akan menerima bantuan untuk periode April da Mei. Beras yang diserahkan menggunakan beras medium lokal dari Sulsel.

“Sekarang ini yang kita lepas baru Maret, setelah ini kita lanjut April dan Mei. Masing-masing KPM dapat 10 kilogram beras setiap bulan,” tutupnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here