Pemkot Makassar Pamerkan Inovasi Lorong Wisata di Expo PPD Musrenbang Nasional

JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar ikut menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa 16 Mei 2023.

Kepala Bappeda Makassar, Helmy Budiman hadir di Musrenbang Nasional tersebut. Dia mewakili Pemkot Makassar bersama Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Koperasi & UMKM.

Helmy bilang, Pemkot Makassar tegak lurus dengan pemerintah pusat. Sedianya, siap mendukung Indonesia Emas 2045. Seperti yang telah disampaikan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin pada Musrenbang Nasional kali ini.

“Alhamdulillah Musrenbangnas telah dilakukan, dan arahan dari Menteri Bappenas dan Wakil Presiden terkait dengan arah perencanaan pembangunan 2024 serta peluncuran proyeksi penduduk 2040-2050 membuat Pemkot Makassar kian bersemangat bersiap menyikapi hal tersebut dalam rangka mendukung Indonesia Emas 2045,” ucap Helmy dalam keterangannya.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin memang meminta agar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 harus mampu menciptakan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Sesuai dengan tema Musrenbang Nasional kali ini, yakni “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Apalagi, 2024 mendatang menjadi tahun terakhir dari periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

“RKP Tahun 2024 harus mampu menjawab, bagaimana Indonesia melakukan transformasi ekonomi dengan tetap memperhatikan inklusivitas pada setiap tingkat masyarakat, sekaligus menciptakan pembangunan berkelanjutan,” sebut Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Dia bahkan meminta kepada seluruh pemerintah kota kabupaten dan provinsi agar betul-betul memperhatikan sasaran dan target pembangunan pada RKP.

“Sudah semestinya kita semua satu langkah menuju Indonesia Emas 2045, agar kesiapan pelaksanaan Major Project dan Proyek Strategis Nasional bisa kita pastikan, sehingga dapat terlaksana sesuai rencana dan akuntabel,” tegasnya.

Selain Wakil Presiden, turut hadir dalam acara ini, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Badan Pusat Statistik, Margo Yuwono, serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Tri Handoko.

Di kesempatan ini, Pemkot Makassar juga memamerkan inovasi Lorong Wisata (Longwis). Sebab, Musrenbang Nasional kali ini bertepatan dengan Expo PPD 2023. Makassar diundang hadir sebagai salah satu dari 10 nominator kota terbaik.

Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa menyempatkan diri berkunjung ke stand booth Expo PPD Lorong Wisata.

Dia lantar memberikan apresiasinya setelah mendengarkaan penjelasan mengenai lorong wisata.

“Memang kreatif pak Wali Kota Makassar, Danny Pomanto merancang konsep program Lorong Wisata ini, salam buat beliau ya” tutur Suharso sambil tersenyum. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here