Indira Jusuf Optimistis Maccini Sombala Penuhi Indikator Lomba Kelurahan Terpadu

MAKASSAR – Kota Makassar bakal tampil pada Lomba Kelurahan Terpadu tingkat Sulsel tahun 2023. Kelurahan Maccini Sombala di Kecamatan Tamalate terpilih mewakili Makassar.

Ketua TP PKK Makassar, Indira Jusuf optimistis kelurahan Maccini Sombala memenuhi indikator penilaian.

Hal itu dia sampaikan saat turun langsung memantau kesiapan wilayah jelang penilaian lomba, Senin 29 Mei 2023.

Indira Jusuf mengecek sejumlah titik. Mulai dari kesiapan taman PKK, rumah sehat hingga kebersihan lingkungan dan drainase.

Dia bilang, taman PKK tertata cukup baik. Sudah ditanami sejumlah tanaman produktif. Seperti mangga arum manis, sawo, kangkung, selada, bayam merah dan padi. Tertata di dalam pot.

“Tamannya sudah cukup bagus. Hanya perlu dirapikan sedikit agar tidak terlalu berdebu,” imbaunya.

Bahkan, di sisi taman PKK itu, ada kolam aquaponik yang berisikan 500 benih ikan lele.

Usai mengecek taman PKK, Indira Jusuf lantas memasuki kawasan pemukiman. Dia memeriksa tiga rumah sekaligus yang terpilih sebagai rumah sehat.

Indira Jusuf memastikan, jamban di rumah itu dalam kondisi sehat. Akses air minum pun dianggap baik. Juga ventilasi dan pencahayaan memadai. Termasuk makanan yang dikonsumsi penghuni rumah memenuhi standar empat sehat lima sempurna.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk turut andil berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungannya. Menjaga keamanan, kenyamanan dan ketentraman wilayah,” pintanya.

Dalam pantauannya, Indira Jusuf turut didampingi Kepala BPM Sekretariat Kota Makassar, Harun Rani dan Camat Tamalate, Emil Yudianto.

Penilaian lomba kelurahan terpadu itu, bakal dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Ada sejumlah indikator penilaian. Misalnya terkait dengan pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, pemerintah kelurahan, lembaga masyarakat, serta partisipasi masyarakat. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here