Sambut Taruna AAU, Danny Pomanto Ceritakan Peran TNI AU Sukseskan Makassar F8

MAKASSAR – Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) latihan Cakra Wahana Paksa (CWP) di Makassar. Kedatangan mereka ke kota berjuluk Anging Mammiri ini, disambut hangat Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Senin 29 Mei 2023.

Kedatangan rombongan taruna TNI AU itu dipimpin langsung Wakil Gubernur AAU, Marsma TNI Hendro Arief.

Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar bahkan menjamu mereka bersantap malam di kediamannya, Jalan Amirullah.

Di sela-sela jamuan makan malam, Danny Pomanto menceritakan kesuksesan event Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8.

Itu tidak terlepas dari kontribusi atau peran TNI AU. Mewarnai langit Makassar dengan Aerobatik Pesawat Sukoi dan Jupiter selama Makassar F8 diselenggarakan sejak 2016 lalu.

Danny Pomanto masih ingin atraksi udara itu masuk dalam rangkaian agenda pembukaan Makassar F8 di tahun 2023 ini.

“Kuncinya adalah pada saat pembukaan, dan selama pembukaan atraksi sukoi tidak pernah absen. Bahkan 2017 lalu kita menghadirkan pesawat jupiter,” katanya mengenang.

“Mudah-mudahan permohonan (atraksi udara) kami bisa dikabulkan (di tahun 2023),” harap Danny Pomanto melanjutkan.

Terlepas dari itu, Danny Pomanto juga memperkenalkan branding Makassar Kota Makan Enak kepada para taruna dan Gubernur AAU.

“Kemarin waktu peringatan hari otonomi daerah di Makassar, kita menyajikan coto Makassar untuk seluruh kepala daerah yang hadir,” sebutnya mempromosikan.

Sebelum jamuan makan malam, Danny Pomanto sempat menyaksikan kirab dan display drumband gita dirgantara AAU dalam rangka CWP di Makassar.

Gubernur AAU, Marsma TNI Hendro Arief menjelaskan, kedatangannya ke Makassar bersama rombongan taruna AAU merupakan rangkaian latihan CWP 2023. Bagian dari program pendidikan dan latihan utama bagi karbol tingkat IV AAU.

“Latihan ini dilaksanakan sebagai bagian dari proses pembentukan matra udara, yang tujuannya memberikan pengetahuan dan wawasan bagi para karbol tentang aplikasi operasi dukungan udara,” terangnya.

Pelatihan tersebut, lanjutnya, seperti praktek navigasi udara, peraturan lalu lintas udara, meteorologi, peran dan tugas awak pesawat, serta operasional pangkalan udara.

Tidak lupa, Marsma TNI Hendro Arief mengucapkan terima kasihnya kepada Wali Kota Makassar. Sedianya telah menjamunya beserta rombongan taruna AAU.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pak wali karena telah menerima kami dalam nuansa kekeluargaan,” tutupnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here