Dinas Perhubungan Makassar Hadiri Bimbingan Teknis PPID Pelaksana

MAKASSAR – Kamis, 08 Juni 2023. Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek)
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Bimbingan teknis ini digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan USAID Erat.

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengutus perwakilannya untuk menghadiri kegiatan ini yang berlangsung selama dua hari, hingga Jumat, 09 Juni 2023, di Best Western plus Hotel.

Dinas Kominfo Makassar menghadirkan Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sulsel, Pahir Hakim, sebagai narasumber.

Pahir menekankan pentingnya Undang-undang nomor 14 tahun 2018 tentang informasi keterbukaan publik untuk diimplementasikan pemerintah kota.

Hal itu sudah berkesesuaian dengan tujuan bimbingan teknis ini dilaksanakan, guna layanan informasi itu bisa lebih terbuka, inklusif dan partisipatif di kota Makassar.

Dia juga menjelaskan tentang sengketa informasi disertai dengan sanksi pidananya. Serta materi uji konsekuensi terhadap informasi publik.

Selain Pahir, Dinas Kominfo Makassar juga menghadirkan Komisioner KIP Sulsel lainnya, Khaerul Mannan. Membahas soal penyusunan daftar informasi publik.

Bimbingan teknis ini, dibuka langsung Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Irwan Adnan. Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ismawaty Nur turut memberikan sambutan.

Kepala Dishub Makassar, Aulia Arsyad mengatakan, sejauh ini progres PPID di dinas perhubungan sudah berjalan. Juga melibatkan PPID eksternal.

Bahkan dalam pelaksanaannya, PPID internal sudah rapat bersama dengan PPID eksternal untuk mematangkan arus informasi dari setiap kegiatan dan program Dishub Makasar hingga menjadi konsumsi masyarakat.

“Kami yakin, informasi itu akan tersampaikan ke publik. Baik itu berupa bentuk kegiatan, progres program hingga klarifikasi aduan masyarakat,” kata Aulia-sapaannya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here