Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkot Makassar Bersih-Bersih Pasar Pabaeng-baeng

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar turut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 05 Juni.

Jumat 09 Juni 2023, digelar aksi bersih-bersih di Pasar Pabaeng-baeng, Kecamatan Tamalate. Ratusan satgas turun langsung di lokasi, melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah. Seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Dinas Perhubungan, juga dari unsur PD Pasar Makassar Raya dan kecamatan setempat.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi ikut andil dalam kegiatan tersebut.

Di lokasi, dia menyusuri pasar dengan menggunakan pengeras suara “toa”. Fatmawati mengarahkan para petugas kebersihan agar lebih efisien bekerja. Utamanya dalam membersihkan kanal.

Dia juga mengimbau kepada para pedagang dan pembeli untuk tidak membuang sampah ke kanal.

“Hari ini kita punya banyak sekali PR (pekerjaan rumah), apalagi soal persampahan. Tolong jangan buang sampah langsung ke kanal. Jagai Makassarta dari sampah berserakan. Karena ini jadi tanggung jawab kita bersama,” imbaunya.

Dia bahkan menekankan kepada seluruh jajaran Pemkot Makassar, jika kegiatan bersih-bersih ini harus berlanjut. Tidak hanya pada momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Bukan seremoni biasa. Saya tidak suka kalau hanya datang foto-foto tapi tidak kerja. Ini aksi kita bersama menjaga lingkungan kita. Kanal kita dari sampah,” tegasnya.

Sabtu besok, Fatmawati berencana mengecek kembali hasil dari kegiatan bersih-bersih ini. Juga bertujuan untuk menciptakan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Semua masyarakat sudah harus menyadari dan mencintai lingkungan jika ingin hidup dengan sehat hingga lingkungan ini dinikmati anak cucunya kelak,” kuncinya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here