Jelang Penilaian Piala Adipura, Camat Rappocini: Tingkatkan Pengawasan Kebersihan Wilayah

MAKASSAR – Camat Rappocini, M Aminuddin kembali mengumpulkan seluruh lurah menggelar rapat koordinasi, di ruangan rapat kantor Kecamatan Rappocini, Selasa 20 Juni 2023.

Sekretaris Kecamatan Rappocini, Rendra turut mendampingi Aminuddin. Juga kepala seksi dan kepala sub bagian. Mereka membahas kesiapan penilaian Piala Adipura.

Aminuddin menekankan kebersihan lingkungan di masing-masing wilayah kelurahan terjaga. Khususnya di jalan-jalan protokol.

Sebab menurutnya, itu menjadi salah satu penilaian Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam menilai Kota Makassar untuk meraih Piala Adipura.

“Sesuai arahan pimpinan, saya harapkan agar kepala seksi kebersihan bersama dengan lurah, pengawas kebersihan serta Pakandatto untuk dapat berkoordinasi meningkatkan pemantauan kebersihan di wilayah,” ucapnya.

Selain itu, Aminuddin kembali mengingatkan soal retribusi sampah di masing-masing kelurahan. Agar bisa lebih diperhatikan lagi, supaya target pendapatan bisa tercapai.

Usai rakor internal, Aminuddin kembali memimpin rapat bersama tim Penindakan Anti Kotor (Pakandatto) di Aula Emmy Saelan Kantor Kecamatan Rappocini.

Seluruh pengawas kebersihan di tiap kelurahan hadir dalam rapat tersebut. Juga hadir Koordinator Pakandatto Makassar, Muhammad Akil.

Aminuddin pun berharap, sekiranya seluruh pengawas kebersihan bisa membangun sinergitas bersama Tim Pakandatto. Meski diakuinya, kinerja pengawas kebersihan telah menunjukkan progres yang cukup baik.

“Pelaksanaan pengawasan kebersihan oleh para pengawas pebersihan sudah berjalan dengan baik, namun masih ada saja yang luput dari pantauan. Kami merasa terbantu dengan adanya Pakandatto yang turun mengawasi kebersihan di kelurahan masing-masing,” tuturnya.

“Untuk itu, perlu adanya sinergritas antara pengawas satgas kebersihan dengan para Pakandatto, agar setiap laporan dari tim Pakandatto dapat ditangani secara cepat,” pungkasnya menambahkan.

Koordinator Pakandatto Makassar, Muhammad Akil juga menegaskan pentingnya sinergitas. Apalagi Pakandatto merupakan mitra pemerintah dalam mengawasi kebersihan lingkungan.

“Kami sampaikan kepada para Pakandatto harus tahu dulu jadwal dari tema-teman pengawas, supaya biarkan dulu pengawas melaksanakan tugasnya. Setelah itu baru teman-teman Pakandatto membekap. Jangan sampai ada yang terlewatkan, itulah yang teman-teman Pakandatto yang harus laporkan,” katanya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here