Bincang Warga, Terungkap Danny Pomanto Perancang Jalan Lingkar Timur Selayar

SELAYAR – Agenda IKA Unhas Sulsel di Kabupaten Kepulauan Selayar berakhir. Usai melantik Ketua IKA Unhas Kepulauan Selayar, Moh Ramdhan Pomanto menghadiri pertemuan warga di Warkop Aseng Selayar, Jumat malam, 23 Juni 2023.

Di kesempatan ini, warga setempat mengungkapkan berbagai permasalahan terkait pembangun di daerahnya.

Danny Pomanto-sapaan Ketua IKA Unhas Sulsel itu, lantas memberikan tanggapan. Baginya, warga harus mempersiapkan diri untuk mengisi 80 persen ruang kosong di laut.

Hal itu penting untuk mengembangkan sektor kelautan di Kepulauan Selayar. Utamanya pengembangan budidaya perikanan.

“Sistem budidaya perikanan itu sekarang ditentukan oleh indeks polusi. Ikan yang dihasilkan dari Selat Malaka lebih murah dari Selat Makassar karena ada indeks polusi itu,” kata Danny Pomanto yang juga Wali Kota Makassar.

Di sela-sela pertemuan ini terungkap, jika Danny Pomanto ternyata salah seorang perancang jalan lingkar timur Selayar di era kepemimpinan Akib Patta sebagai Bupati Selayar.

Menurutnya, jalur lingkar pesisir mutlak harus dibangun jika pulau induk Selayar mau berkembang.

Pernyataan tersebut sekaligus menjawab pertanyaan warga terkait pembangunan dan pengembangan di pulau induk Selayar.

“Kawasan barat itu kawasan pesisir landau, sementara kawasan timur yang agak tinggi. Kita ini daerah gempa, daerah tsunami, harus tahu itu supaya kita mitigasi, cegah sebelum terjadi,” ujarnya.

“Maka bagi saya mempersiapkan pembangunan Selayar yang tahan bencana itu harus naik ke ketinggian. Atau Kota Benteng ini harus ada poros untuk naik ke ketinggian untuk evakuasi kalau ada apa-apa,” sambungnya.

Dengan begitu, Danny Pomanto sangat berharap IKA Unhas Kepulauan Selayar untuk ikut andil berkontribusi dalam membangun daerahnya. Yang inklusif dan berkelanjutan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here