50 Kota Dipastikan Perkenalkan Seni dan Budaya pada Rakernas Apeksi di Makassar

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus memantangkan persiapan penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke XVI, hingga 100 persen.

Apalagi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) diagendakan bakal hadir sekaligus membuka pertemuan para Wali Kota tersebut, pada Rabu, 12 Juli 2023.

Para bakal calon presiden Pemilu 2024 pun diundang untuk memaparkan gagasannya di sesi khusus yang telah disiapkan pengurus Apeksi.

Seperti yang disampaikan Ketua Umum Apeksi, Bima Arya, saat rapat koordinasi bersama seluruh pengurus Apeksi dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto selaku tuan rumah penyelanggara Rakernas Apeksi di tahun ini.

Juga ada ruang bagi kota peserta Rakernas Apeksi memperkenalkan seni dan budaya mereka masing-masing melalui “Panggung Seni”, yang difasilitasi Dinas Kebudayaan Makassar.

Kata Kepala Dinas Kebudayaan Makassar, Herfida Attas, Panggung Seni itu, bakal digelar selama empat hari, pada Selasa, 11 Juli hingga Jumat, 14 Juli. Lokasinya di Anjungan Pantai Losari.

Saat ini, sudah 50 kota dipastikan bakal menampilkan budaya dan seni mereka di Panggung Seni. Termasuk Kota Makassar.

“Setiap harinya, sejak tanggal 11 Juli. Setiap kota akan diberi kesempatan untuk menampilkan pentas seninya, dan tentunya Kota Makassar akan turut terlibat memberikan sajian pentas seni terbaik nantinya,” sebut Herfida, Selasa 27 Juni 2023.

Sebagai tuan rumah, Makassar akan menampilkan seni tari etnis Toraja. Kostumnya didesain sendiri dengan tiga corak warna, yakni merah, putih dan hitam.

“Konsep tarian ini, bercerita tentang perjalanan sebuah daerah yang melibatkan segala aspek sosial di dalamnya. Tarian ini mengusung etnis Toraja sebagai dasar pijakan gerak dasar tari, karena memiliki nilai estetik kepariwisataan yang telah dikenal hingga mancanegara,” jelas Herfida.

Pagelaran pentas seni ini, bakal ditutup dengan penampilan salah satu grup musik papan atas Indonesia, Armada Band.

Selain itu, ada juga agenda Karnaval Budaya. Seluruh perwakilan 98 kota peserta Rakernas Apeksi bakal pawai menggunakan pakaian adat masing-masing daerah. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here