Maccini Sombala Juara Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi, Wakili Sulsel ke Nasional

Penilaian lomba kelurahan terpadu tingkat provinsi Sulsel, di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Makassar. Foto: Dok Pemkot Makassar

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel telah menetapkan pemenang lomba desa dan kelurahan terpadu tingkat provinsi tahun 2023.

Kota Makassar keluar sebagai juara pertama lomba kelurahan terpadu, melampaui Kota Parepare dan Kabupaten Gowa.

Berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel per tanggal 03 Juli 2023, Kota Makassar memperoleh skor penilaian 90,60.

Disusul Kota Parepare pada peringkat kedua dengan skor 90,02. Kemudian Kabupaten Gowa pada peringkat ketiga meraih skor 82,78.

Camat Tamalate, Emil Yudianto pun mengucapkan syukur atas hasil penilaian tersebut. Sebab, Kelurahan Maccini Sombala bakal mewakili Sulsel ke lomba kelurahan terpadu tingkat nasional nantinya.

“Alhamdulillah, ini berkat kerja sama semua pihak. Itu sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota Makassar, kita harus jadi percontohan di Sulsel,” ucapnya, Selasa 04 Juli 2024.

Emil pun memastikan untuk melengkapi seluruh kelengkapan berkas yang dibutuhkan pada penilaian tingkat nasional ke depan. Termasuk peningkatan persiapan dari sisi lingkungan.

“Semua kelengkapan akan kita sampaikan ke Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemdes. Baik itu berupa SK pendukung, kelengkapan berkas yang dibutuhkan. Harus sinkron administrasinya dengan kelembagaan dan lingkungan,” jelas Emil.

Pada tahapan lomba kelurahan terpadu tingkat nasional, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar juga masih menunggu petunjuk teknis dari Pemprov Sulsel.

Yang pasti, lanjut Emil, pemerintah Kecamatan Tamalate dan Kelurahan Maccini Sombala terus mendorong partisipasi masyarakat untuk menjuarai Lomba Kelurahan Terpadu tingkat Sulsel.

Begitu pun langkah yang akan dilakukan pada tahapan penilaian tingkat nasional nantinya.

“Intinya sinergitas masyarakat, kota dan provinsi itu sangat penting,” kunci Emil.

Berikut Susunan Penetapan Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel 2023:

DESA

  1. Barania, Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Skor penilaian: 91,16
  2. Tompo Bulu, Balloci, Kabupaten Pangkep. Skor penilaian: 89,06
  3. Paccekke, Soppeng Riaja, Kabupaten Barru. Skor penilaian: 87,34

KELURAHAN

  1. Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar. Skor penilaian: 90,60
  2. Labukkang, Ujung, Kota Parepare. Skor penilaian: 90,02
  3. Bontonompo, Kabupaten Gowa. Skor penilaian: 82,78. (bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here