Pemkot Makassar Dampingi 197 Pelaku Usaha Lewat Inkubator UMKM

MAKASSAR – Selasa, 04 Juli 2023. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meninjau Inkubator UMKM, di Jalan AP Pettarani. Melihat berbagai fasilitas di dalamnya.

Danny Pomanto-sapaannya secara detail memperhatikan seluruh isi dan aktivitas yang ada di dalam ruangan Inkubator UMKM tersebut. Seperti display produk, ruang foto produk, pencetakan kemasan hingga proses pembuatan desain kemasan produk.

Bagi dia, progresnya sudah sangat baik. Apalagi turut membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya.

“Ini sudah bagus, tinggal disosialisasikan lagi,” kata Danny Pomanto kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Makassar, Muhammad Rheza.

Dia pun mengimbau agar Dinas Koperasi dan UMKM memanfaatkan kontainer terpadu “konter” dalam upaya menyosialisasikan Inkubator UMKM ke masyarakat luas.

“Kalau bisa gunakan konter, bagi-bagi brosur di sana tentang Inkubator UMKM biar masyarakat lebih tahu,” pinta Danny Pomanto mengarahkan.

Sementara itu, Muhammad Rheza menjelaskan manfaat Inkubator UMKM. Pihaknya berupaya mendorong peningkatan kualitas produk bagi pelaku UMKM di Makassar.

Melalui Inkubator UMKM, para pelaku usaha diberi bekal pengetahuan. Mulai dari segi produk, pengemasan hingga pemasaran dan penjualan.

“Di Inkubator UMKM ini juga kita fasilitasi terkait legalitas produk mereka dan itu kita sudah berkoordinasi dengan UMKM yang ada di lorong wisata untuk memanfaatkan layanan ini,” jelas Rheza-sapaannya.

Dia menyebutkan, ada beberapa proses yang dilakukan oleh Tim Teknis Inkubator UMKM. Seperti pada tahap pra inkubasi, yakni menjaring pelaku UMKM lewat kelas pelatihan.

“Jadi UMKM yang telah terpilih ke tahap inkubasi nantinya kita berikan pelatihan, bantuan legalitas, desain kemasan, hingga mentoring dari tim teknis,” ungkapnya.

Sejauh ini pun, sudah sekira 197 peserta inkubasi dari seluruh kecamatan se-Makassar yang mendapat pendampingan dari tim teknis Dinas Koperasi dan UMKM Makassar.

Produk mereka rata-rata, yakni kuliner, minuman, kerajinan tangan dan makanan ringan kemasan.

“Harapan kita semakin banyak lagi pelaku UMKM yang memanfaatkan layanan ini. Tujuannya agar UMKM kita semakin berkualitas,” harap Rheza. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here