Buka Youth City Changers, Danny Pomanto: Pemuda Harus Miliki Kemampuan Adaptif Leadership

MAROS – Senin sore, 10 Juli 2023. Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mulai terselenggara, di Colloseum, Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros.

Kegiatan yang menghadirkan ratusan pemuda dari 50 kota ini, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Disaksikan langsung Ketua Umum Apeksi, Bima Arya, dan unsur pimpinan Forkopimda Makassar.

Danny Pomanto-sapaannya menyampaikan sambutannya. Dia menginginkan agar para generasi muda memiliki kemampuan adaptif leadership dan kemampuan daya tahan atau resiliensi, demi menggapai masa depan yang gemilang.

Sebab konteks kekinian sudah sangat mengalami banyak perubahan. Kekuatan otot atau fisik tidak lagi menjadi penentu pertahanan, melainkan kecepatan.

“Mereka yang mampu beradaptasi dengan cepat ialah pemimpin masa depan. Makanya adaptif leadership sangat dibutuhkan,” tuturnya di hadapan peserta dan tamu undangan YCC.

Terlepas dari itu, Danny Pomanto mengingatkan situasi dunia saat ini. Dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

Pemuda Indonesia diharapkan mampu menjawab tantangan global. Apalagi dalam menghadapi potensi empat bencana global, yakni masalah populasi, perubahan iklim, pandemi dan dampak dari perang Rusia-Ukraina.

Dia bahkan menyampaikan dampak dari bencana populasi, bisa menyebabkan krisis pangan.

“Itulah mengapa saya mengajak untuk menanam pangan di lorong (lorong wisata), agar Makassar bisa survive di masa depan. Tetapi semoga bencana pangan ini tidak terjadi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Apeksi, Bima Arya memuji opening ceremony YCC ini. Dirinya tidak menyangka bakal dibuat semegah itu.

“Pak Wali ini keren, hebat,” sanjung dia yang juga Wali Kota Bogor.

Sebagai informasi tambahan, pelaksanaan YCC ini rencananya berlangsung selama dua hari, hingga Selasa, 11 Juli 2023.

Seluruh rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi dipastikan berakhir pada Jumat, 14 Juli pekan ini. Pemkot Makassar sebagai penyelenggara kegiatan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here