Hari Ini Bima Arya dan Emil Dardak, Besok Menpora Diskusi Bareng Pemuda di Forum Rakernas Apeksi

MAROS – Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mulai terselenggara. Diawali forum Youth City Changers (YCC), di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros, Senin 10 Juli 2023.

Forum pemuda ini dihadiri langsung Ketua Umum Apeksi, Bima Arya dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Keduanya akan menjadi pembicara di hadapan ratusan pemuda se-Indonesia, bersama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Hari kedua, Selasa 11 Juli, Menteri Pemuda dan Olah Raga, Dito Ariotedjo dijadwalkan hadir. Juga sebagai pembicara.

Begitu yang disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Makassar, Muhammad Dasysyara Dahya.

“Pembukaan dilakukan hari ini. Sementara Menpora dijadwalkan hadir besok, hari kedua. Hari ini akan dihadiri oleh Bima Arya dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto serta tokoh pemuda Emil Dardak,” ucap Dee-sapaannya.

“Beliau akan memberikan motivasi kepada para pemuda yang hadir dalam acara ini,” sambungnya.

Dia juga bilang, forum ini membahas masalah kepemudaan dan perubahan.

Hasilnya bahkan akan dibacakan langsung di hadapan 98 wali kota peserta Rakernas Apeksi.

“Jadi kita akan sharing bersama-sama. Termasuk kerja sama kepemudaan lainnya,” kata Dee-sapaannya, tadi.

Berdasarkan agenda acara, rangkaian forum YCC hari ini berlangsung dengan dua kegiatan. Yakni Talk Show dan Sidang Komisi.

Pada sidang komisi, ratusan pemuda akan membahas tentang digitalisasi, penguatan atau pemberdayaan pemuda, sustainable dan feature leader, dan transisi kepemudaan menyambut Indonesia Emas 2045. Serta isu demografi 2030.

“Jadi uneg-uneg teman pemuda dari berbagai kota itu dibacakannya langsung di hadapan para wali kotanya,” jelas Dee.

Dari data sementara, jumlah pemuda yang hadir berasal dari 50 kota termasuk Makassar. Masing-masing kota mengirimkan dua hingga enam delegasi.

Tidak ketinggalan lima delegasi dari National Youth Council Singapura.

Delegasi dari negeri Singa ini, akan memberikan perspektif baru terkait solusi dari masalah kepemudaan. Khususnya yang terjadi di negara maju seperti Singapura. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here