Delegasi Pemuda Forum Youth City Changers Rekomendasikan Pembentukan “UPT Digitalisasi”

MAROS – Forum Youth City Changers sebagai rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi telah berakhir, Selasa 11 Juli 2023. Berlangsung selama dua hari, di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros.

Berdasarkan hasil diskusi para delegasi pemuda dari 50 kota se-Indonesia, buah pemikiran mereka melahirkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti pemerintah. Utamanya bagi Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) RI.

Dua di antaranya, yakni pembentukan UPT Digitalisasi dan aplikasi satu pintu pelayanan publik.

“Rekomendasi-rekomendasi dari hasil sidang komisi, kemudian dipaparkan saat forum wali kota se-Indonesia Rakernas Apeksi ke XVI (berlangsung),” kata Ketua Umum Apeksi, Bima Arya, saat menutup forum kepemudaan tersebut.

Seluruh delegasi pemuda memang sebelumnya dibagi menjadi empat komisi untuk membahas terkait isu empowerment, sustainibility, future leader, dan digitalization.

Bima Arya pun berharap, apa yang menjadi rekomendasi hasil sidang komisi itu, bisa terlaksana nantinya.

“Semoga pemuda yang ada di sini ke depan, bisa menjadi tokoh atau pun pemimpin di daerahnya masing-masing,” pinta Wali Kota Bogor itu menambahkan.

Asisten Deputi Wawasan Pemuda Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Mulyani Sri Suhartuti, pihaknya segera mempertimbangkan rekomendasi dari hasil pemikiran para pemuda peserta YCC.

Rekomendasi itu, bakal menjadi bahan rujukan bagi Kemenpora dalam menentukan kebijakan di bidang kepemudaan ke depannya.

“Rekomendasi ini tentunya menjadi referensi bagi kita dalam menetapkan kebijakan-kebijakan kepemudaan,” ucapnya mewakili Menpora RI, Dito Ariotedjo yang tidak sempat menghadiri forum pemuda tersebut.

Dia bahkan memberi motivasi kepada seluruh pemuda untuk terus berkontribusi positif dalam pembangunan di Indonesia.

“Melalui event seperti ini, maka pemuda akan memberikan semangat di dalam diri mereka untuk bisa saling bersinergi, bekerja sama, dan berkolaborasi menciptakan networking untuk masa depan Indonesia pada masa Indonesia emas 2045,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Makassar, Andi Patiware pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para peserta YCC yang turut menyukseskan rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi itu.

“Semoga kegiatan Youth City Changers selama dua hari ini memberikan manfaat untuk kita semua dan apa yang menjadi tujuan kita bisa tercapai,” singkatnya.

Sebagai informasi tambahan, di hari terakhir pelaksanaan Youth City Changers juga dilakukan penanaman pohon bersama sebagai bentuk jawaban mengatasi permasalahan isu lingkungan.

Para peserta pun bersama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Bima Arya mengikuti outbound dengan permainan stasiun kereta. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here