Miliki Potensi Hutan Mangrove, Lantebung Masuk 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

MAKASSAR – Potensi kawasan hutan mangrove Lantebung di Kecamatan Tamalanrea, Makassar, ternyata dilirik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bahkan berkunjung ke sana, Rabu tadi, 12 Juli 2023.

Sandiaga secara resmi menganugerahkan Lantebung sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik di Indonesia, melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

“Kelebihan dari desa wisata Lantebung, selain memiliki keindahan hutan mangrovenya, juga memberikan dampak positif bagi lingkungan. Serta peningkatan perekonomian masyarakat dengan pengembangan UMKMnya menjadikan desa wisata ini layak untuk terus dikembangkan,” kata Sandiaga.

Selain itu, kawasan wisata Lantebung ini juga memiliki fasilitas seperti homestay dan toilet umum. Hal itu dianggap sebagai langkah menarik kunjungan wisata.

“Makassar menjadi salah satu kota terbaik. Selain berwisata ke Lantebung, jangan lupa pula berwisata kuliner,” ajaknya.

Dalam kunjungannya ke Lantebung, Sandiaga ikut didampingi Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar, Muhammad Roem.

Sementara itu, Fatmawati Rusdi bilang, jika saat ini Pemkot Makassar memang tengah mengembangkan wisata kuliner. Juga ekonomi kreatif.

“Seperti kata bang Uno, ayo ke Makassar, nikmati pariwisatanya dan juga kulinernya. Untuk Lantebung sendiri punya kuliner khas, yakni kacang cryspi kepiting dan kepiting kambu, serta kopi mangrove,” sebutnya.

Pengembangan wisata Lantebung ini, juga ada keterlibatan kelompok masyarakat yang menamakan dirinya sebagai kelompok sadar wisata (pokdarwis) Lantebung, serta kelompok pengelola ekosistem mangrove Lantebung “Jekomala”.

Dari data yang diperoleh, juga ada sejumlah desa di Sulsel yang masuk 75 desa wisata terbaik di Indonesia. Di antaranya:

  1. Desa Wisata Balla Barakkaka Ri Galesong, Kabupaten Takalar
  2. Desa Wisata Tombo Bulu, Kabupaten Pangkep
  3. Desa Wisata Rammang-Rammang, Kabupaten Maros
  4. Desa Wisata Andalan, Kabupaten Bulukumba
  5. Desa Wisata Agrowisata Desa Kassi, Kabupaten Jeneponto
  6. Desa Wisata Rinding Allo, Kabupaten Luwu Utara. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here