Jajaki Potensi Kerja Sama Sister City, Kedubes Undang Danny Pomanto ke Inggris

MAKASSAR – Di pertemuan Makassar Investment Forum (MIF) 2022, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto berkesempatan bertemu dengan delegasi delapan negara sahabat. Termasuk Inggris.

Makassar dan Inggris menjajaki kerjasama sister city. Potensi itu terungkap setelah Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar menggelar one on one meeting dengan East Java Regional Manager Kedubes Inggris, Erlin Puspitasari, di Four Point by Sheraton, Selasa kemarin, 08 November 2022.

“Dalam pertemuan tersebut, kita membicarakan tentang potensi sister city antara Makassar dengan kota di Inggris,” kata Erlin Puspitasari, dalam keterangannya.

Demi mewujudkan sister city itu, lanjut, Erlin, pihaknya akan melakukan research dan berdiskusi bersama dengan Pemerintah Inggris. Tujuannya untuk menyamakan karakter kedua kota, antara Makassar dengan salah satu kota di Inggris.

“Kita belum tentukan, karena sister city itu harus ada karakter di antara kedua kota yang sama. Misalnya Surabaya-Liverpool itu karakternya sama-sama kota olahraga. Makanya saya harus research dulu Kota Makassar karakternya seperti apa dan kota mana di Inggris yang cocok disandingkan dengan Makassar,” terangnya.

Di kesempatan ini, Erlin juga membawa delegasi Inggris yang bergerak di bidang renewable energy. Sehingga, terjadi pembahasan kerjasama pada program lainnya. Misalnya soal transportasi publik.

“Kemudian juga membahas rencana kerja sama di bidang ekonomi. Khusus bidang investasi, terutama investasi publik transport, ada MRT, LRT, sustainable infrastructure, hingga green energy,” sebut Erlin.

Sebagai bentuk tindaklanjut, Keduber Inggris lalu mengundang Danny Pomanto ke Inggris untuk melihat secara langsung potensi kerjasama Sister City.

Danny Pomanto lantas menyambut baik tawaran itu. Dia juga menyerahkan sepenuhnya kepada Kedubes Inggris untuk menjajaki kerjasama Sister City.

“Biarkan mereka yang pilih karena kita paham karakter di sini, tapi kita tidak paham di sana,” ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, forum MIF 2022 ini, merupakan rangkaian kegiatan pelaksanaan Rakernis Apeksi yang berlangsung selama tiga hari di Four Point by Sheraton Makassar. Dimulai sejak Senin 07 November 2022, dan berakhir hari ini, Rabu 09 November 2022.

Sebanyak 64 perwakilan kota se-Indonesia turut hadir dalam forum internasional tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here