Komunitas Sepeda Tua Makassar Jajal Jalan Trans Sulawesi, Touring Makassar-Pinrang

Anggota Komunitas Sepeda Tua Makassar.

MAKASSAR – Komunitas Sepeda Tua Makassar (Kostum) melakukan touring dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022.

Mereka menjajal jalan trans Sulawesi, dari Kota Makassar menuju ke Kabupaten Pinrang, sejak Selasa kemarin, 08 November 2022. Itu demi menghadiri undangan dari Komunitas Onthel Pinrang (Kopi) dan Communitas Onthel Duampanua (COD).

“Hari ini Kostum touring Makassar-Pinrang menaklukkan medan yang sangat jauh, yang penuh dengan tikungan dan tanjakan yang cukup ekstrem. Suatu capaian yang patut kami syukuri,” kata Dg Nojeng, anggota Kostum, Rabu 09 November 2022.

Menurut Nojeng, Kostum merupakan salah satu komunitas sepeda tua tertua di Indonesia. Semangat bersepeda masih tetap dijaga oleh Kostum. Meski, perkembangan saat ini digempur dengan kehadiran sepeda modern.

“Ini merupakan barometer partisipasi dan kecintaan terhadap sepeda tua di Indonesia utamanya di Makassar. Kostum tetap setia pada sepeda tua, demi mempertahankan nilai histori yang terkandung dalam sepeda tua tersebut,” ucapnya.

“Tentu kita sepakat, bahwa sepeda hanya sarana tapi yang utama adalah silaturahim,” tutup Nojeng menambahkan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here