Makassar Sejajar dengan Surabaya, Terima Penghargaan dari Kementerian Kesehatan

Kota Makassar menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI.

SURABAYA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberikan penghargaan kepada sejumlah pemerintah daerah terkait dengan percepatan penanggulangan TBC.

Satu di antaranya, yakni Makassar. Pemerintah kota dianggap mampu mempercepat penanggulangan TBC dengan pelibatan aktif multisektor.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin ke Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Nursaidah Sirajuddin, pada acara High Level Meeting Tuberculosis 2022, di Hotel Shangrila Surabaya, Rabu 09 November 2022.

Selain Makassar, penghargaan TOSS atau Temukan Obati Sampai Sembuh TBC ini, juga diterima oleh pemerintah Surabaya dan Tangerang.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bilang, penghargaan ini tidak lepas dari peran Forum Multi Sektor (FMS) TB yang ikut berkolaborasi dengan Pemkot Makassar dalam penanggulangan TBC di kota berjuluk anging mammiri ini.

“Adanya penghargaan ini membuat kita makin optimis jika target eliminasi di kota Makassar dapat tercapai. Tentunya dengan pelibatan multi sektor,” kata Danny Pomanto dalam keterangannya, Kamis 10 November 2022.

Tidak jauh berbeda dengan yang dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Nursaidah Sirajuddin. Baginya, penghargaan TOSS TBC itu diraih berkat kerjasama seluruh pihak.

FMS Eliminasi TB, lanjutnya, memang terbilang aktif melakukan sosialisasi dan pendeteksian dini terkait kasus TBC bersama dinas kesehatan melalui screening TBC.

“Ketersediaan sarana dan prasana di puskesmas se-kota Makassar telah dilakukan sebagai aksi tim percepatan penanggulangan TBC menuju eliminasi TBC, upaya tindak lanjut Perpres nomor 67 tahun 2021,” jelas Dokter Ida-sapaan Kepala Dinkes Makassar.

Selain itu, menurutnya, Kota Makassar kini memiliki aplikasi Sobat TB. Yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan deteksi dini secara online terhadap penyakit TBC.

Ketua FMS Eliminasi TB Makassar, Indira Jusuf Ismail menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan itu. Tentu, akan menjadi pemacu semangat pihaknya dalam membantu pemerintah menyukseskan program eliminasi TB di Makassar.

“Penghargaan ini jangan membuat kita cepat berpuas diri. Namun, harus menjadi semangat untuk semakin aktif melakukan upaya-upaya TOSS, agar eliminasi TB di Kota Makassar benar-benar dapat terwujud,” ucapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here