Makassar-Jerman Jajaki Kerja Sama Bidang Pendidikan

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyambut kedatangan Duta Besar (Dubes) Republik Federal Jerman untuk Indonesia, Ina Lepel, dengan jamuan makan malam di kediamannya, Jalan Amirullah, Kamis 26 Januari 2023.

Momen ini dimanfaatkan Danny Pomanto-sapaan wali kota menjajaki peluang kerja sama dengan Jerman di bidang pendidikan.

Dia ingin Bahasa Jerman bisa masuk dalam pembelajaran di sekolah-sekolah di Makassar. Juga sebaliknya, Bahasa Indonesia masuk dalam pembelajaran di Jerman.

“Waktu SMA kita punya pembelajaran Bahasa Jerman, ini perlu dieratkan kembali. Karena kita sudah punya tekad untuk jadi kota dunia maka anak-anak kita juga harus belajar Bahasa Jerman, bukan hanya Bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, tetapi Jerman juga,” ujarnya usai menjamu Ina Lepel.

Bentuk kerja sama itu, bisa dilakukan antar tenaga pendidik. Guru dari Makassar ke Jerman. Sebaliknya, guru dari Jerman ke Makassar.

“Atau (bisa) student (pelajar) Jerman ke sini dan sebaliknya. Kalau memang bisa dikerjasamakan maka kita bersyukur sekali,” pintanya.

Danny Pomanto menganggap kerja sama ini sangat dibutuhkan. Apalagi, capacity building di negara-negara Eropa seperti Jerman sangat maju.

“Kita sudah sampaikan ke Kabag Kerjasama kita butuh support capacity building itu,” sambungnya.

Di akhir perjamuan makan malam itu, Danny Pomanto dan Ina Lepel saling bertukar cinderamata dan foto bareng. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here