Izin ke Dokter Lebih Awal, dr Udin Ikut Bantu Obati Luka Korban Ambruknya Kubah Masjid Ittifaqul

MAKASSAR – Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM), dr Udin Saputra Malik turut membantu menangani para korban dari insiden ambruknya kubah Masjid Ittifaqul Jamaah, Minggu malam, 26 Maret 20223.

Sebelum mengobati para korban, Dokter Udin terlebih awal meminta izin ke dokter RSAL Jala Ammari. Tempat beberapa korban dirawat pascakejadian.

Sebanyak 12 korban yang tertimpa reruntuhan material kubah masjid. Ada juga di antaranya yang dirawat di Rumah Sakit Akademis Jaury Jusuf dan PKM Pattingalloang.

Ambruknya kubah masjid itu berlangsung menjelang salat tarawih. Dokter Udin saat itu sedang berada di Masjid Nurul Iman Totaka, tidak jauh dari lokasi kejadian.

Mendengar kejadian tersebut, Dokter Udin bergegas ke lokasi. Lalu ke rumah sakit untuk memberikan pertolongan pertama bagi para korban.

Di rumah sakit milik angkatan laut itu, Dokter Udin berinisiatif untuk langsung mengobati pasien. Sebab, jumlah tenaga medis sangat terbatas. Hanya tiga orang.

Dokter Udin juga tidak langsung bertindak. Namun, meminta izin terlebih awal ke pihak rumah sakit.

“Sampai di sana (RSAL Jala Ammari) tenaga medisnya cuma tiga orang di UGD. Satu dokter dan dua perawat sedangkan yang datang ini ada banyak, tujuh sampai delapan orang,” jelas Dokter Muda tersebut, dalam keterangannya, Senin 27 Maret 2023.

Menantu Wali Kota Makassar ini pun bilang, para korban saat itu memang membutuhkan pertolongan awal. Sebab, keluarga mereka cukup panik. Apalagi, kondisi luka korban ada yang mengeluarkan darah. Butuh penanganan cepat.

“Saya tiba di RS dengan kondisi tenaga medis yang kurang makanya saya ambil inisiatif untuk minta izin ke dokter untuk membantu. Dokternya juga oke-kan karena lumayan kewalahan, saya jahit kepalanya pasien,” ucap Dokter Udin. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here