Makassar Tuan Rumah MNEK 2023, Bakal Dihadiri Marinir dari 50 Negara Perwakilan

MAKASSAR – Sudah hampir dipastikan, Makassar akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan latihan militer marinir berskala internasional. Yakni 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

Sebanyak 50 perwakilan negara diperkirakan bakal meramaikan event yang mengusung tema “Partnership to Recover and to Rise Stronger”.

Pemkot Makassar bersedia menyambut dan mendukung acara itu. Yang rencananya bakal dilaksanakan pada Juni mendatang. Bertempat di kawasan pantai losari.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bersama Komandan Guspurla Koarmada II, Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, meninjau langsung lokasi rencana tugu MNEK diresmikan, di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Senin 03 April 2023.

Kolonel Laut Edi diketahui merupakan Dansatgas MNEK 2023. Di lokasi, juga tampak Komandan Lantamal VI Makassar, Brigjen TNI (Mar) Amir Kasman dan Kepala Kesbangpol Makassar, Zainal Ibrahim.

Bagi Danny Pomanto, event ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan Makassar hingga ke kancah internasional.

“Kita sebagai tuan rumah akan dikunjungi 5 ribu marinir seluruh dunia. Ini kan gengsi kita di tingkat internasional, kalau mereka puas kita juga bangga,” ucapnya.

Olehnya itu, Danny Pomanto berjanji akan menyukseskan MNEK, dengan melibatkan perangkat daerah untuk melakukan pembenahan di lokasi.

“Jadi di sana nanti (CPI) akan dibangun tugu MNEK. Itu tidak ada anggarannya makanya kita akan pakai dana CSR,” sebutnya.

Danny Pomanto juga berencana akan menjamu para tamu dari perwakilan 50 negara itu, di Kapal Pinisi. Dikemas dengan acara Gala Dinner. Sekaligus memperkenalkan branding Makassar Kota Makan Enak.

“Selama tiga hari MNEK di Kota Makassar ada sekitar 20 acara. Nah kita kebagian makan malam, kita sudah siapkan chef terbaik,” ujar Danny Pomanto.

Kepala Kesbangpol Makassar, Zainal Ibrahim mengungkapkan, MNEK akan diselenggarakan selama tiga hari dengan 22 rangkaian kegiatan, pada tanggal 5 hingga 8 Juni 2023.

“Jadi kami dari Pemkot Makassar menyupport kegiatan MNEK. Harapan kita kegiatan ini sukses dan membawa nama baik Kota Makassar ke depannya,” kuncinya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here