Usai Libur Lebaran, Bapenda Makassar Langsung Tertibkan Reklame di Ruas Jalan Protokol

MAKASSAR – Rabu, 26 April 2023. Hari pertama Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai berkantor usai libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar pun langsung menerjunkan personelnya untuk melakukan penertiban papan reklame di hampir seluruh ruas jalan protokol.

Hal ini dilakukan, karena tidak sedikit reklame yang disinyalir tidak berizin. Utamanya saat bulan Ramadan, kemarin.

Menurut Kepala Bapenda Makassar, Firman H Pagarra, penertiban ini juga dilakukan sebagai bagian dari estetika kota. Agar wajah Makassar lebih sedap dipandang mata.

Tidak ada lagi pemasangan reklame yang semrautan. Apalagi, Makassar bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA), pada Sabtu 29 April mendatang.

“Hari ini ada sekitar 100-200 titik penertiban reklame di seluruh kecamatan dan di seluruh ruas jalan protokol di Kota Makassar. Selain potensial loss pendapatan akibat reklame yang tidak memiliki izin, penertiban ini juga untuk menjadikan Kota Makassar lebih teratur secara estetika kota,” jelas  Firman.

Mantan Kepala Bagian Humas Sekretariat Kota Makassar ini juga menegaskan, jika upaya penertiban reklame merupakan salah satu edukasi dan bagian dari upaya peningkatan pendapatan asli daerah atau PAD Kota Makassar.

Ada pun pembongkaran reklame hampir dilakukan di seluruh wilayah kecamatan. Dibekap dengan tim gabungan dari Satpol PP Makassar.

“Kita pacu terus PAD, jadi kalau ada yang ingin pasang reklame, harusnya seizin kami di Bapenda,” tegasnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here