Sukses Gelar Peringatan Hari OTDA, Mendagri Lontarkan Pujian buat Danny Pomanto

MAKASSAR – Peringatan Hari Otonomo Daerah (OTDA) sukses digelar di tahun 2023 ini. Kota Makassar sebagai tuan rumah. Dihadiri hampir seluruh kepala daerah se Indonesia.

Selaku tuan rumah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sengaja mengambil pelataran Anjungan Pantai Losari sebagai tempat peringatan Hari OTDA tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian lantas melontarkan pujian bagi Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar yang dianggap sukses menggelar Hari OTDA, Sabtu tadi, 29 April 2023.

“Saya berterimakasih, wabil khusus kepada wali kota Makassar, Pak Danny Pomanto. Saya tidak menyangka acara semeriah ini,” ucap Tito di sela sambutannnya.

Dia bahkan mengaku, jika Danny Pomanto kerap memberikan kejutan dalam setiap pelaksanaan event. Apalagi, upacara peringatan Hari OTDA ini berlangsung secara outdoor.

“Sebelumnya ada acara besar dengan Presiden RI Jokowi yang dihadiri forkopimda dan seluruh kepala daerah di Sentul. Itu salah satu acara terbesar, tetapi indoor. Outdoornya, inilah yang terbesar di Makassar ini,” pujinya, lagi.

Selain itu, bagi Tito, peringatan Hari OTDA juga ini sudah sangat sukses. Karena dihadiri sekira 70 persen kepala daerah se Indonesia.

Hal itu dianggapnya sangat penting. Sebab menurut Tito, peringatan Hari OTDA ini menjadi momentum bagi setiap daerah untuk melakukan refleksi. Tidak lagi harus berpikir untuk mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Melainkan mampu melahirkan kemandirian fiskal.

Dari situ, kontemplasi ini mengharuskan daerah otonom memiliki kemampuan entrepreneurship atau kewirausahaan untuk membaca peluang daerah masing-masing sehingga dapat meningkatkan pendapatan agar tercipta kemandirian fiskal.

Penegasan Tito ini, sangat sejalan dengan tema kegiatan, yakni Indonesia Unggul sekaligus membuat Indonesia menjadi negara dominan di tingkat regional hingga internasional.

Termasuk menjadikan daerah berkreasi dengan kewenangan yang lebih luas. Ditambah lagi, posisi Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki kekhasannya masing-masing.

Makanya setiap daerah tidak bisa mendapatkan perlakuan yang sama tetapi sesuai ciri khasnya.

Danny Pomanto sedari awal memang sudah memfinalisasi dan secara serius menggarap Hari OTDA ini. Apalagi upacara ini merupakan kali pertama setelah tiga tahun dan merupakan yang pertama di Indonesia Timur selama ini.

Beberapa agenda akbar dalam peringatan OTDA yang dilaksanakan hari ini, ialah di antaranya, Pelaksanaan Upacara pada pukul 07.30 hingga 08.30 Wita.

Di sela-sela itu terdapat rangakaian seperti, upacara inti lalu dilanjutkan dengan Foto Bersama di Depan Anjungan Pantai Losari, menyaksikan Pertunjukan Budaya Tari Pakarena yang diperagakan penari di atas 200 perahu nelayan, Pelaksanaan Festival Coto Makassar di Anjungan Pantai Losari, Kunjungan Festival Inovasi Pemda, dan Kunjungan Lorong Wisata sebelum pergelaran Malam Apresiasi pada malam harinya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here