Kabar Baik! Kawasan Kumuh di Bontorannu Kecamatan Mariso Akan Dibenahi

MAKASSAR – Warga RW 02 di Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Mariso, Makassar, mendapat kabar baik. Kawasan yang terbilang kumuh ini akan dibenahi.

Begitu yang disampaikan Camat Mariso, Juliaman, usai mendampingi Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi dan Ketua TP PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail meninjau langsung kawasan tersebut, Jumat 05 Mei 2023.

Kawasan ini rencananya akan ditata oleh Kementerian PUPR melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi. Tepatnya di Jalan Dahlia, Lorong 312.

“Jadi penataan kawasan kumuh ini sudah disetujui pemerintah pusat. Sumber anggarannya berasal dari DAK Integrasi. Ini adalah bantuan dari Kementerian PUPR, itu namanya DAK integrase. Jadi satu kawasan lalu itu diidentifikasi semua apa permasalahan masyarakatnya,” kata Fatmawati.

Kementerian PUPR, lanjut Fatmawati, juga akan merenovasi rumah warga menjadi ramah lingkungan. Juga akan dilaksanakan pembangunan utilitas dan fasilitas umum lainnya. Termasuk penataan tempat sampah.

“Jadi nanti ada bedah rumahnya. Ada juga yang harus bangun baru. Itu dibangun baru betul-betul mulai dari perencanaan semua direvitalisasi mulai dari IPAL nya, jalan lingkungannya, drainasenya betul-betul akan diubah kawasan ini,” jelasnya.

Di kesempatan ini, turut hadir Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Makassar, Nirman Mungkasa dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Juliaman, sekira 250 rumah warga bakal direhabilitasi dan dibangun baru.

“Pelaksanaan DAK integrasi di kawasan Bontorannu berupa pembangunan baru dan rehab dan peningkatan kualitas dengan jumlah total rumah sebanyak 250 unit rumah dengan melibatkan masyarakat penerima bantuan,” sebut Juliaman.

“Pembangunan pada kawasan ini direncanakan mengintegrasikan antara pembangunan hunian baru serta rehab rumah dan peningkatan kualitas dengan sarana prasarana dasar penunjang lingkungan seperti air bersih, jalan, drainase dan IPAL komunal,” sambungnya menutup. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here