Kepala Dinas PU Makassar Tinjau Pengerukan Saluran Sekunder Adyaksa

MAKASSAR – Selasa, 23 Mei 2023. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir meninjau pengerukan drainase di saluran sekunder Adyaksa, Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakkukang.

Bu Elzi-sapaannya ingin melihat langsung proses pengerukan yang dilakukan oleh Satgas Drainase. Di lokasi, tampak Kepala Bidang PSDA dan Drainase mendampingi Bu Elzi. Juga terlihat Lurah Pampang di lokasi.

Bagi Bu Elzi, pengerukan drainase ini merupakan kegiatan rutin Dinas PU Makassar di hampir semua saluran yang ada di Makassar.

Tujuannya, untuk mengantisipasi terjadinya penyumbatan saluran air yang diakibatkan tumpukan sedimen, sampah dan tumbuhan yang hidup di air.

Namun kata dia, di saluran sekunder Adyaksa, dilakukan pembersihan eceng gondok dan gulma. Sebab, jumlahnya seperti sudah menutupi permukaan saluran.

“Ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan fungsi saluran drainase sehingga dapat meminimalisir genangan yang terjadi selama ini,” kata Bu Elzi.

Proses pembersihan ini ternyata tidak sederhana. Harus menggunakan alat berat berupa Excavator Amphibi dan Excavator Spider.

“Dengan adanya pengerukan sedimen dan pembersihan eceng gondok ini maka diharapkan saluran dapat berfungsi optimal dan mencegah terjadinya genangan di sekitar wilayah Panakukang, Toddopuli, Hertasning, Pampang, BTN CV Dewi dan Pampang,” jelasnya menambahkan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here