Galakkan Penghijauan, DLH Makassar Bakal Tanam Ratusan Pohon di Area Pantai Losari

MAKASSAR – Ketua TP PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar melakukan penanaman pohon peneduh di tepi Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu 31 Mei 2023.

Lokasinya tidak jauh dari area pantai losari, tepatnya di bekas Taman Gajah. Jenis pohon yang ditanam yakni Tabebuya.

Menurut Indira Jusuf, kegiatan ini bertujuan untuk menggalakkan penghijauan di Makassar. Dampaknya jangka panjang. Bisa menambah jumlah hutan kota.

“Kita tentunya ingin menghijaukan kembali kota Makassar. Kita berharap bisa menjadikan taman-taman ini menjadi hutan kota meski tanamannya baru kita tanam. Pokoknya kita kita berusaha hijaukan kota Makassar,” tegasnya.

Dengan begitu, Indira Jusuf berharap agar aksi tanaman pohon ini bisa digalakkan di seluruh wilayah di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

“Kita ingin jadikan hutan kota supaya kita juga agak sejuk. Dengan adanya tanaman hijau pemandangan juga jadi lebih baik dan indah dan yang pasti menambah luasan RTH,” terangnya menambahkan.

Plt Kepala DLH Makassar, Ferdy Mochtar bilang, ada sebanyak 752 pohon yang bakal ditanam di sepanjang anjungan Pantai Losari. Di antaranya berjenis Tabebuya, sebanyak 25 batang.

“Tanaman Bougenville sangat bagus dan pada saat muncul bunganya sangat indah jika dilihat dalam satu warna. Tanaman Tabebuya sifatnya tanaman jangka panjang. Bisa meningkatkan kualitas udara di Kota Makassar, juga unsur bunganya juga lebih tahan terutama pada saat musim kemarau,” jelasnya.

Ferdy memastikan pihaknya memiliki satgas pertaman yang berpengalaman. Sehingga pembenahan taman dalam tercapai sesuai target.

Pemkot Makassar memang dituntut untuk membuat kota ini menjadi lebih indah di pandang mata. Banyak tamu dari luar yang bakal berdatangan menghadiri sejumlah event berskala nasional hingga internasional di Makassar.

“Apalagi mendekati acara besar, baik nasional mau pun event internasional pemerintah kota harus siap, dan Dinas Lingkungan Hidup berkontribusi penting untuk bekerja sama dengan pihak kecamatan membenahi taman kota ini,” kunci Ferdy. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here