500 Siswa SMP di Makassar Bakal Tampil Sambut Angkatan Laut dari 36 Negara Peserta MNEK 2023

MAKASSAR – Tinggal menghitung hari, event internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 bakal terlaksana di Makassar, pada Senin 5 Juni 2023.

Kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam mendukung suksesnya event itu sudah hampir 100 persen.

Hal itu disampaikan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat memantau proses gladi kotor pertunjukan tarian kolosal di dermaga pelabuhan Soekarno-Hatta, Jumat 2 Juni 2023.

“Dukungan Pemkot Makassar terhadap MNEK saya pastikan sudah rampung 99 persen. Selanjutnya sisa pembenahan-pembenahan sedikit saja,” kata Danny Pomanto-sapaannya optimistis.

Seperti kesiapan tarian kolosal yang melibatkan 500 siswa SMP di Makassar. Mereka bakal tampil menyambut para peserta MNEK pada acara pembukaan nanti.

“Tarian tadi saya lihat juga sudah oke,” sambung Danny Pomanto.

Kesiapan lainnya, seperti kebersihan kota dan juga pemasangan bendera negara peserta MNEK. Saat ini, sebanyak 36 negara sudah dipastikan akan hadir nantinya. Perwakilan negara sahabat itu datang dengan menggunakan kapal perang bersama delegasinya.

Begitu pun dengan proses pembuatan dua unit kapal Pinisi, sudah berjalan. Kata Danny Pomanto, pembuatan kapal bersejarah itu, akan disaksikan langsung para jenderal angkatan laut dari 36 negara di kawasan Center Point of Indonesia (CPI).

“Malam ini tinggal dipasang-pasang bendera dari masing-masing negara. Keseluruhan semuanya sudah siap,” ujar Danny Pomanto melanjutkan.

Tidak hanya itu saja, pembangunan Tugu MNEK berlambang Komodo juga sudah bisa dipastikan rampung 100 persen.

Dengan begitu, Danny Pomanto mengajak masyarakat Makassar untuk ikut memeriahkan event internasional tersebut. Berlangsung hingga Kamis, 8 Juni 2023 mendatang.

“Saya imbau kepada masyarakat untuk menonton karena banyak atraksi menarik, pameran-pameran dari berbagai negara. Jadi silakan datang dan ramaikan,” pintanya.

Banyak rangkaian acara selama MNEK berlangsung. Ada tarung “bebas” atau Mix Martial Arts (MMA) antara angkatan laut. Rencananya digelar pada Selasa, 6 Juni.

Juga ada demonstrasi pesawat tempur angkatan laut, terjun payung, demonstrasi helikopter. Serta penampilan drumband dari taruna TNI angkatan Laut.

Di kesempatan tadi, Danny Pomanto turun meninjau langsung kesiapan kegiatan bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali.

MNEK diketahui merupakan kegiatan latihan Nonperang. Latihan yang mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional. Latihan penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat peserta MNEK. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here