Danny Pomanto Tampilkan Budaya Bugis-Makassar, Gunakan Songkok Recca Sambut Tamu Asing Peserta MNEK 2023

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menampilkan budaya Bugis-Makassar menyambut tamu asing peserta event internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

Danny Pomanto-sapaannya tampil mengenakan jas hitam, dasi biru dan celana panjang hitam saat pembukaan MNEK berlangsung di dermaga Hatta, Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Senin pagi tadi, 05 Juni 2023.

Songkok recca menutupi kepalanya. Songkok tradisional warisan bangsawan Bugis asal Bone itu, berpadu dengan pakaian modern.

Pada pelaksanaan MNEK ke-4 kali ini, Danny Pomanto juga menampilkan warisan budaya Bugis-Makassar lainnya. Memamerkan proses pembuatan dua unit Kapal Pinisi ke peserta MNEK. Juga dipamerkan ke Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono usai membuka MNEK secara resmi.

Pemkot Makassar memang sangat mendukung penuh kesuksesan acara yang digelar TNI Angkatan Laut (AL) tersebut. Ibu-ibu peserta MNEK juga diajak untuk mengunjungi warisan sejarah Benteng Rotterdam.

Bahkan, sebanyak 500 penari kolosal tampil di hadapan peserta MNEK saat acara pembukaan MNEK berlangsung. Para penari yang dihadirkan Dinas Pendidikan Makassar itu, memadukan tarian kolosal dengan tarian empat etnis asal Sulsel.

Danny Pomanto merasa bangga dan terhormat atas terlesenggaranya MNEK di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

“Saya berterimakasih kepada Panglima TNI dan Pak KSAL dan jajaran karena Kota Makassar menghelat kegiatan MNEK terbesar. Ini sungguh kehormatan. Apalagi terlihat semua enjoy dan kita diberikan ruang untuk full perfom di sini,” katanya usai mendampingi Panglima TNI dan KSAL, Laksamana Muhammad Ali membuka MNEK.

Sebagai bentuk penghormatan kembali, Pemkot Makassar juga menjamu para jenderal TNI AL dan petinggi angkatan laut dari 36 delegasi negara peserta MNEK dalam Gala Dinner, malam ini, di Anjungan Pantai Losari.

Sejumlah rangkaian kegiatan bakal dilaksanakan pada kegiatan pelatihan non perang itu di Makassar, hingga Rabu 07 Juni 2023. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here