Maksimalkan Produksi Air, Perumda Air Minum Makassar Turunkan Pompa di Jembatan Nipa-Nipa Moncongloe

MAKASSAR – Musim di Kota Makassar berganti. Sudah memasuki musim kemarau. Kondisi ini, memberi dampak terhadap suplai air bersih ke rumah-rumah pelanggan air bersih Perumda Air Minum Makassar.

Ketersediaan air baku di Bendungan Lekopancing, Kabupaten Maros, mengalami pendangkalan.

Produksi air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Panaikang dan Antang menjadi terdampak, menurun. Tidak sedikit rumah warga pelanggan memperoleh air bersih secara merata dan maksimal.

Kondisi ini tentu menjadi perhatian penuh jajaran direksi Perumda Air Minum Makassar dalam upaya meningkatkan layanan air bersih.

Sebagai langkah antisipasi kekurangan suplai air, Perumda Air Minum Makassar bersama PT Traya Tirta Makassar menurunkan pompa suplesi di bawah jembatan Nipa-Nipa Moncongle, Selasa 06 Juni 2023.

Pompa itu berfungsi untuk mengambil air baku di aliran Sungai Tello.

“Hari ini kita bersama-sama datang melihat dan memantau proses penurunan pompa air bakunya. Diharapkan tambahan air baku ini dapat menutupi defisit air baku dari bendungan Lekopancing yang mulai menurun akibat musim kemarau,”kata Direktur Umum dan Pelayanan Perumda Air Minum Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti usai memantau proses penurunan pompa air baku tersebut.

Pompa itu, lanjutnya, tidak langsung bisa beroperasi. Membutuhkan waktu 5 hingga 7 hari untuk dapat berfungsi maksimal.

Sebab, ada banyak proses yang harus dilalui. Mulai penurunan pompa, penyambungan pipa hingga pengujian mesin.

“Jadi bukan berarti sudah diturunkan langsung menyedot air, butuh proses dululah. Karena akan dirangkaikan dulu alat-alat dan materialnya supaya bisa dioperasikan dengan baik dan tidak ada hambatan,” jelas Indira.

“Harapan kita, semoga nanti dengan dioperasikan mesin pompa ini dan mulai mengambil air baku dan dialirkan masuk ke instalasi, maka produksi air kita akan bertambah dan supplai air ke masyarakat di utara dan timur kota bisa ditambah dan dimaksimalkan debit dan tekanannya. Paling tidak bisa mengurangi keluhan pelanggan yang tidak dapat air akibat musim kemarau,” tutup Indira mengunci. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here