Danny Pomanto Jelajahi Kapal INS Francesco Morosini Milik Italia

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mendapat kesempatan mengunjungi kapal induk INS Fransesco Morosini, di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Jumat 09 Juni 2023.

Danny Pomanto-sapaannya merasa begitu terhormat, bertemu langsung dengan seluruh crew kapal milik Italia tersebut. Dia bakal menjelajahi seluruh isinya.

“Ini merupakan kali pertama saya berada di kapal seperti ini. Jadi suatu kehormatan berada di sini, apalagi kapal ini memiliki teknologi yang terdepan di dunia,” kata Danny Pomanto.

Dia pun cukup terkesan usai melihat beberapa isi kapal tersebut. Dilengkapi oleh sejumlah fasilitas yang sangat modern.

Dalam kunjungannya, Danny Pomanto didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Makassar.

Di atas kapal, Danny Pomanto diajak memasuki ruangan pertama, yakni Hall untuk tamu oleh The Commander of The INS Francesco Morosini, Lieut Commander Giovanni Monno.

Di ruangan Hall itu, Danny Pomanto disuguhkan kopi dan sajian kuliner khas Italia.

Di sela-sela kunjungan ini, Danny Pomanto berbincang dengan crew kapal. Ternyata, Kapal Induk Italia ini bisa sampai ke Makassar dengan membutuhkan waktu sekira 40 hari.

Giovanni lalu mengajak Danny Pomanto ke lima ruangan kapal penting lainnya. Di antaranya Naval Cockpit, Brigde (ruang kemudi), Ruang Medis-Engineering atau Medical Bay, Anggar Helikopter dan Flying Deck.

Kemudian, Danny Pomanto diajak mengunjungi ruangan terakhir, yakni Anggar Helikopter dan Flying Deck.

Giovanni bilang, mereka memiliki satu unit helikopter yang memiliki fungsi utama yakni rescue (evakuasi).

Helikopter itu dapat memuat maksimal sekira 20 penumpang.

“Fungsi utamanya adalah rescue. Ketika ada seorang mengalami kecelakaan dan jatuh ke laut misalnya maka kita menggunakan helikopter ini untuk menyelamatkannya,” ucap Giovanni.

Diketahui, Italia menjadi salah satu negara peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang diselenggarakan Makassar, belum lama ini.

Di akhir kunjungan, Giovanni memberikan cenderamata berupa sebuah topi Navy Francesco Morosini ke Danny Pomanto. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here