Grebek Puskesmas Tamalate, Wakil Wali Kota Makassar Ingin Angka Stunting Menurun

MAKASSAR – Sabtu kemarin, 10 Juni 2023. Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menggerebek Puskesmas Tamalate bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Nursaidah Sirajuddin.

Kegiatan Grebek Stunting ini juga dihadiri sejumlah kader TP PKK Kecamatan Tamalate. Fatmawati bilang, gerakan ini dilakukan untuk percepatan penurunan angka stunting di Makassar.

Diharapkan ada peran masyarakat, khususnya ibu-ibu dalam mendukung upaya pemerintah kota dalam menurunkan angka stunting di Makassar.

“Stunting ini bukan hanya menjadi tugas perhatian dari pemerintah saja, tetapi menjadi tugas kita bersama. Kenapa stunting dapat terjadi, perlu diketahui stunting terjadi dikarenakan proses rentetan yang panjang, sehingga perlu pemahaman dan pencegahan sejak remaja, memasuki masa pernikahan, saat hamil, melahirkan, hingga di 1.000 hari pertama kelahiran,” papar Fatmawati.

Dengan begitu, dilakukan pendampingan dengan berbagai kegiatan KIE. Seperti pemberian vitamin dan kelas kesehatan bagi ibu hamil.

“Pola hidup bersih harus diterapkan, memberikan gizi berimbang, dan yang terpenting adalah memberikan perhatian khusus kepada anak-anak,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tamalate, Rudy Lautan menyampaikan, sejauh ini pihaknya telah menjalankan inovasi Jemput Bola Ibu Hamil atau Jempol Bumil.

“Juga ada inovasi selamatkan ibu hamil dengan keluarga berencana jangka panjang, yang bertujuan untuk menjarangkan kehamilan agar para orang tua dapat lebih fokus dalam membesarkan anaknya,” ungkapnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here