Jadi Pembicara di Brussel Urban Summit 2023 Belgia, Danny Pomanto Paparkan Kota Hijau

BELGIA – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto diundang menghadiri forum internasional Brussel Urban Summit 2023, di Brussels City Hall, Belgia.

Danny Pomanto-sapaan akrabnya bahkan didaulat menjadi pembicara pada sesi Metropolis Policy Debat bersama Wali Kota Brussel (Belgia), Philippe Close dan Wali Kota Bogota (Kolombia), Claudia Lopez.

Sesi ini mengangkat tema diskusi “Greening Cities: A Pathway to Social Inclusion”.

Di kesempatan ini, Danny Pomanto memaparkan sejumlah upaya pemerintah kota Makassar dalam membangun kotanya menjadi kota tangguh dan layak huni.

Upaya itu disebut sejalan dengan adaptasi tantangan global. Seperti bencana, pandemi, geo-politik dan perubahan iklim.

Danny Pomanto bilang, program lorong wisata salah satu upaya yang dilakukan pemerintah kota Makassar dalam menjawab tantangan global, demi meningkatkaan ketahanan kota.

“Jadi public engagement (keterlibatan publik) itu penting dalam mendukung pencapaian kota hijau yang berketahanan,” katanya di hadapan peserta dari berbagai negara.

Dia lantas memaparkan, pelaksanaan program lorong wisata itu melibatkan seluruh elemen. Mulai dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ketua RT dan RW, camat, lurah hingga perangkat pemerintah.

Untuk meningkatkan program lorong wisata, kata Danny Pomanto, pemerintah kota Makassar berkolaborasi dengan Monash University dan Melbourne University Australia dan Pemerintah Australia melalui program Revitalising Informal Settlement and their Environment (RISE).

Lorong wisata ini disebut sebagai program ketahanan pangan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, juga untuk menekan laju inflasi.

Selain itu, Danny Pomanto juga menyampaikan program moderenisasi gang taman pintar. Dikerjasamakan dengan National Science Foundation USA.

“Untuk mendukung kota hijau, kami juga telah membuat kendaraan listrik kecil bernama Co’mo atau Commuter Metromoda tahun lalu sebagai prototipe. Co’mo ini akan menjadi kendaraan umum yang juga dapat membawa orang ke Lorong Wisata,” paparnya.

Program lainnya, yakni peningkatan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Targetnya hingga 30 persen dari capaian saat ini 11 persen. Baik itu dalam bentuk sabuk hijau, hutan bakau, dan area hijau di tepi sungai.

Sejauh ini pun, lanjut Danny Pomanto, pemerintah kota Makassar sudah merencanakan proyek Pengolahan Sampah menjadi Energi Listik (PSEL). Program ini telah masuk dalam tahap penawaran kerjasama dari pihak investor.

“Proyek ini sebagai intervensi teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi limbah dan itu dapat mengurangi hingga 1.000 ton limbah per hari,” terangnya.

“Kami (juga) sementara mengembangkan ketahanan desa perkotaan dengan menerapkan cat cool roof untuk menurunkan suhu dan membuat rumah lebih sehat,” sambungnya.

Forum internasional ini diketahui diikuti 23 kota dari 18 negara di dunia yang terdaftar sebagai member of metropolis city. Jumlah kota dari beberapa yang tergabung sebenarnya sebanyak 350 kota.

Brussel Urban Summit 2023 bakal berlangsung hingga Kamis, 15 Juni sejak dibuka pada Senin 12 Juni 2023. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here