Usai Bertemu Ratu Belgia, Danny Pomanto ke Belanda Belajar Sistem Pengairan

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto baru saja menghadiri Brussel Urban Summit 2023 di Belgia, sejak Senin 12 Juni hingga Kamis 15 Juni 2023.

Danny Pomanto-sapaannya, satu-satunya kepala daerah di ASEAN yang diundang langsung untuk menghadiri forum internasional tersebut.

Brussel Urban Summit ini, diikuti 23 kota dari 18 negara dari 350 kota yang terdaftar sebagai Member of Metropolis City.

Sedikitnya 1.000 peserta hadir di dalam forum tersebut.

Danny Pomanto bahkan menjadi pembicara di salah satu agenda Brussel Urban Summit 2023 itu. Membahas soal wawasan perkotaan dan penganggulangan ketimpangan dan kontrak sosial di kota.

Di hari terakhir Brussel Urban Summit, Danny Pomanto berkesempatan bertemu dengan Ratu Mathilda dari Belgia di acara Royal Lunch. Duduk semeja.

“Beliau (ratu Belgia) sangat antusias terhadap program-program dari Kota Makassar. Seperti Makassar Recover, Program Jagai Anakta dan lorong wisata,” tulisnya di akun IG resmi milik Danny Pomanto, dikutip Senin 19 Juni 2023.

“Momen royal lunch ini, hanya diikuti 18 wali kota dari ratusan wali kota peserta Brussel Urban Summit 2023. Kota Makassar sangat terhormat sekali, sejajar dengan kota-kota terbaik di dunia,” sambungnya.

Usai mengikuti seluruh agenda Brussel Urban Summit, Danny Pomanto melanjutkan langkahnya ke Prancis.

Di Melun Prancis, dia memenuhi undangan koleganya, Controleur General Service Departemental d’Incendie et de Secours, Bruno Maestracci.

Danny Pomanto berkunjung ke kantor Bruno untuk mendengarkan langsung cara pemerintah Prancis menangani bencana di negaranya. Dia merasa takjub.

“Di Prancis, setiap pemuda diwajibkan untuk mengikuti pelatihan pemadam kebakaran yang merupakan program wajib pemerintah setempat. Kami juga diperlihatkan kecanggihan peralatan yang mereka miliki. Dalam momen ini, saya diberikan tanda kehormatan helem pemadam kebakaran Prancis,” tulis Danny Pomanto di akun IG resminya.

Saat ini, Danny Pomanto sedang berada di Belanda sebelum kembali ke tanah air bersama pejabat pemerintah kota Makassar yang ikut mendampinginya.

Di kota Den Haag, dia berkunjung ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Belanda. Bertemu dengan Duta Besar, Mayarfes dan Wakil Duta Besar, Freddy Martin Panggabean.

“Saya melaporkan kepada bapak Dubes kegiatan selama kami di Brussel. Dan pemerintah kota Makassar diminta untuk membuat Makassar Day di Belanda,” kata Danny Pomanto.

Dia juga berkunjung ke Kota Amsterdam dan Kota Almere di Belanda.

Minggu kemarin, Danny Pomanto bertemu dengan kerabatnya, Prof Suryadi, yang merupakan tenaga ahli dan pengajar di Kota Almere.

Danny Pomanto juga melihat langsung sistem pengairan di Almere. Termasuk cara pemerintah Belanda mengatasi persoalan banjir.

Baginya, sistem pengairan di Almere menjadi salah satu bukti kongkrit di kawasan reklamasi.

“Metode (hulu ke hilir) bisa diterapkan untuk menjadikan Makassar dan Sulsel lebihk baik,” tuturnya.

Selasa besok, 20 Juni 2023, Danny Pomanto dipastikan sudah berada di Makassar. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here