41 Layanan Publik Dipusatkan di Kontainer Terpadu ”Konter” Makassar

MAKASSAR – Senin, 03 Juli 2023. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meresmikan Kontainer Terpadu “Konter” Makassar sebagai tempat pelayanan publik.

Peresmian berlangsung secara simbolis di kontainer di Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang. Diikuti seluruh camat dan lurah via virtual.

Kontainer ini, dulunya difungsikan sebagai pusat pelayanan dan penanganan covid-19 di 14 wilayah kecamatan. Namanya saat itu, yakni Kontainer Makassar Recover.

Saat ini, Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar merevitalisasi ratusan kontainer tersebut menjadi salah satu pusat pelayanan publik.

Secara bertahap, ada 41 jenis layanan akan yang dilayani di Konter.

“Setelah status Endemi Covid 19 dinyatakan berakhir atau dicabut maka kita manfaatkan maksimal kembali. Pemkot mengambil kebijakan. Kita menyadari pelayanan paling depan ada di kelurahan,” kata Danny Pomanto dalam sambutannya.

“Dan Kelurahan sudah kewalahan menerima pelayanan akibat tingginya kegiatan sosial ekonomi. Maka dari itu kita manfaatkan kontainer untuk membantu kerja-kerja percepatan pelayanan di Kelurahan lewat kontainer ini,” sambungnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, seluruh proses pembayaran yang berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tanpa uang tunai. Contoh pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Sementara alatnya baru dimasukkan di setiap konter yang ada biar bisa membayar secara elektronik. Tidak ada uang cash di konter semua pakai elektronik,” tegasnya.

Di kontainer terpadu ini pun, warga yang membutuhkan kain kafan akan terlayani secara gratis.

Juga di sekitarannya, bakal ada space untuk memasarkan hasil produksi dari lorong wisata (longwis). Seperti sayur-sayuran  dan cabai.

“Kita manfaatkan sebaik mungkin ini kontainer. Jadi makin banyak mengetahui manfaat kehadiran kontainer ini,” kuncinya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here