Lewat MIF 2023, Pemerintah Daerah di Sulawesi Bisa Jajaki Kerja Sama dengan Investor Asing

Forum MIF 2022/Dok Pemerintah Kota Makassar.

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan pelaksanaan Makassar Investment Forum (MIF) pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) bakal dihadiri enam negara.

Forum Business Matching ini, membuka peluang bagi seluruh pemerintah daerah di pulau Sulawesi menjajaki kerja sama dengan para investor asing.

Enam negara yang terkonfirmasi bakal menghadiri rangkaian acara Rakernas Apeksi ini, di antaranya Australia, Jepang, Jerman, Belanda, Taiwan dan Korea Selatan.

Rencananya, forum MIF tersebut diselenggarakan di Hotel Claro, Makassar, pada Jumat 14 Juli mendatang.

“Jadi semua peserta Apeksi kita undang (di forum MIF), ditambah dengan kabupaten se-Sulawesi,” sebut Kepala DPM-PTSP Makassar, Andi Zulkifli Nanda, Senin 03 Juli 2023.

Andi Zul-sapaannya bilang, pihaknya saat ini tengah mendata kota atau pun kabupaten yang akan melakukan one on one meeting dengan para investor.

DPM-PTSP Sulsel pun dipastikan ikut berpartisipasi nantinya.

“Undangan sementara kita sebar, kita juga sudah dapat dukungan dari pemerintah provinsi. Jadi kalau ada daerah yang mau ketemu dengan investor, kami siapkan tempat dalam kegiatan business matching atau one on one meeting,” jelasnya.

Dengan begitu, Andi Zul mengingatkan kepada seluruh kota kabupaten yang ingi melakukan one on one meeting dengan investor, agar menyiapkan data untuk dipresentasikan nanti.

Pemkot Makassar sendiri, bakal menawarkan proyek Japarate.

“Seperti Makassar itu kita akan menawarkan proyek Japparate ke investor asing. Harapan kita melalui MIF ini investasi di Sulawesi khususnya di Sulsel dan Makassar semakin menggeliat,” ucapnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggara Rakernas Apeksi 2023, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengajak seluruh pemerintah se-Indonesia khususnya di Sulawesi untuk memanfaatkan forum MIF.

“Ini waktunya untuk memperkenalkan potensi daerahnya masing-masing,” singkatnya.

Rakernas Apeksi ini diketahui bakal terselanggara selama lima hari, sejak Senin 10 Juli hingga Jumat, 14 Juli 2023.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pun dijadwalkan untuk menghadiri sekaligus membuka Rakernas Apeksi tersebut, pada Rabu 12 Juli nantinya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here